Pemdes Selur Gelar Sosialisasi Kulin KK Bersama Perhutani

Perhutani bersama intansi terkait dan Pemdes Selur melakukan sosialisasi Kulin KK

Ponorogo, Seputarkita – Puluhan warga Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo mengikuti sosialisasi pembahasan Perhutanan Sosial melalui skema Pengakuan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) di balai desa setempat, Kamis (5/3),

Dalam kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Desa Selur tersbeut dihadiri Perum Perhutani Lawu DS, Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup Ponorogo, Bappeda dan warga yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Arga Raya Desa Selur.

Kepala Desa Selur, Suprapto, S.Sos menyampaikan bahwa dengan diadakannya sosialisasi Perhutanan sosial ini, Pemerintah Desa Selur berharap penataan kawasan Perhutani betul-betul dapat tertata dengan baik. Terlebih dengan keterkaitan intansi terkait, antara Perhutani dengan Pemkab Ponorogo dalam progam Perhutanan Sosial, yang akan dilaksanakan melalui Pengakuan Perlindungan Kemitraan Kehutanan atau Kulin KK, “kata Kepala Desa Selur Suprapto, S.Sos, Jum’at (6/3).

Perhutani bersama intansi terkait dan Pemdes Selur melakukan sosialisasi Kulin KK 

“Dari sisi lain, kita dari Pemdes Selur memerlukan juga adanya payung hukum yang jelas keterkaitan dengan proges Perhutanan Sosial tersebut. Karena yang pasti, dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan yang notebene sudah kita Perdeskan Nomor 10 Tahun 2018 itu, dalam pelaksanaannya sangat memerlukan dasar payung hukum. Sehingga harapan kita nanti, dengan keterlibatan dari Pemkab Ponorogo, khususnya untuk LMDH Desa Selur, maupun LMDH Desa yang lain mengharapkan peran aktif dari Bapak Bupati Ponorogo, agar kita yang berada ditingkat Pemerintahan Desa itu mempunyai dasar hukum yang jelas terkait pelaksaaan dan beban-beban pembiayaan Perhutanan Sosial tersebut. Terima kasih atas kehadiran Perhutani dan Forkompimda Ponorogo dalam menindaklanjuti progam Kerjasama Kemitraan Perhutanan Sosial melalui Kulin KK di Desa Selur ini. Mudah-mudahan dengan sosialisasi ini, ada kejelasan dan keterbukaan, sehingga dapat merubah dan meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat Desa Selur,  “kata Kades Selur Suprapto.

Perhutani bersama intansi terkait dan Pemdes Selur bersama warga masyarakat Desa Selur berfoto bersama

Sementara itu, Wakil Administratur KPH Lawu DS Wilayah Ponorogo-Pacitan, Dedi Siswandi mengapresiasi dengan sosialisasi yang digelar Pemdes Selur ini, dan pihaknya berharap LMDH Selur untuk segera mengajukan usul untuk progam Perhutanan sosial, sehingga wengkon di Desa Selur ini, mendapatkan pengakuan dari Kementrian atau dari Negara.

“Kegiata ini sangat Positif, terima kasih kepada Kades Selur yang telah melaksanakan atau Perhutani memsoialisasikan Kulin KKini. Selama ini kan istilahnya Perhutani dengan progam Perhutan bersama masyarakat, atau LMDH hanya diakui dibawah Perhutani saja. Maka dengan adanya peningkatan kerjasama melalui Kulin KK ini, dan diperdeskan oleh Kepala Desa, akhirnya dari Pemerintah juga bisa tersalurkan dana bantuan atau untuk peningkatan kelembagaan ini dan bisa dapat pengakuan dari Negara. Selain itu, melalui Kulin KK ini, diharapkan bisa terjlain antara Perhutani dengan masyarakat yang berada di sekitar hutan dan memberi manfaat untuk kesejahteraan masyarakat Desa Selur, “pungkasnya.(sul)

Check Also

Gagal Nikah, Pria di Ponorogo Nekat Tenggak Pestisida

  SeputarKita, Ponorogo – Seorang pria muda ditemukan tewas dengan posisi terlentang di jalan area …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *