DPRD Ponorogo Gelar Pengambilan Sumpah Janji Pimpinan DPRD Masa Jabatan 2019-2024

 Pengambilan sumpah janji pimpinan DPRD Kabupaten Ponorogo masa jabatan 2019-2024

Ponorogo, Seputarkita – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ponorogo menggelar rapat paripurna dengan agenda Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Ponorogo masa jabatan 2019-2024 di gedung DPRD setempat, Senen (7/10).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Ponorogo Drs. H. Ipong Muchlissoni, Wakil Bupati Ponorogo DR. H. Soedjarno, MM, Kapolres Ponorogo AKBP Radiant, SIK, M. Hum, Dandim 0802/Ponorogo Letkol Inf. Sigit Sugiharto, anggota DPRD Ponorogo, Kepala OPD Pemkab Ponorogo, Camat se-Kabupten Ponorogo dan undangan.

Prosesi Pelaksanaan pengambilan Sumpah oleh Kepala Pengadilan Negeri Ponorogo Dr. Henny Tri Mira Handayani, SH, MH dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara.

Pengambilan sumpah janji pimpinan DPRD Kabupaten Ponorogo masa jabatan 2019-2024

Dilanjutkan dengan serah terima jabatan Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo dari pejabat sementara kepada pejabat baru yakni Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo Sunarto, S.Pd dari Partai Nasdem, Wakil Ketua l Dwi Agus Prayitno, S.H, M.Si dari Partai Kebangkitan Bangsa, Wakil Ketua ll H.Miseri Efendy,S.H, M.H dari Partai Demokrat, Wakil Ketua III Anik Suharto, S.Sos dari Partai Gerindra.

Ketua DPRD Kabu Ponorogo Sunarto, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan ucapan rasa syukur kehadirat Allah SWT, bahwa pengucapan sumpah janji Pimpinan DPRD Ponorogo masa jabatan 2019 2024 telah selesai dilaksanakan serta berjalan dengan tertib dan lancar.

“Untuk itu, atas nama Pimpinan dan segenap anggota DPRD Ponorogo,  mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang tidak bisa kami sebut satu persatu. Dengan iringan doa, semoga semua jerih payah semua pihak mendapat balasan dari Allah SWT. Juga ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya saya sampaikan khusus kepada Bapak Fikso Rubianto dengan sungguh-sungguh mendampingi saya selama menjadi limpinan sementara DPRD Ponorogo. Mudah-mudahan jerih payah beliau selama ini menjadikan amal ibadah yang di terima AIIah SWT. Seperti kita ketahui bersama sesuai dengan UU Nomer 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah Pasal 149 dinyatakan, DPRD mempunyai 3 fungsi yantu Pembentukan Peraturan Daerah, Fungsi Penganggaran dan Pengawasan, “kata Sunarto.

Pengambilan sumpah janji pimpinan DPRD Kabupaten Ponorogo masa jabatan 2019-2024

Sunarto menambahkan, dalam menjalankan fungsi yang di amanatkan peraturan di atas, tidak bisa berjalan sendiri- sendiri tetapi hendaknya tetap memperhatikan masukan semua pihak sesuai dengan koridor yang ada, salah satunya fungsi DPRD adalah pengawasan.

“Untuk itu, saya persilakan kepada semua anggota DPRD Ponorogo menggunakan dengan maksimal, namun harus mengandung kritik konstruktip dan bukan kritik yang destruktip. Dalam menjalankan fungsi fungsi di DPRD tentu akan berjalan dengan dinamis, akan tetapi dinamisasi dalam menjalankan fungsi dan kewajiban sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Ponorogo tetap menjaga semangat kebersamaan, kekeluargaan, tidak membuat kita bercerai berai. tetapi bagaimana dinamisasi itu bisa kita jadikan sebagai khazanah untuk mempersatukan perbedaan yang ada untuk menuju Ponorogo yang lebih maju, berbudaya dan religius. Selesainya pengambilan sumpah janji pimpinan DPRD Ponorogo, dihadapan kita sudah banyak tanggungjawab yang harus kita selesaikan antara lain, pembentukan alat kelengkapan dewan, penetapan tatib DPRD, pembahasan RAPBD Tahun 2020 penuntasan 3 Raperda yang hampir kadaluarsa Rases dan 6 Raperda yang juga harus kita tuntaskan pada tahun 2019. Melalui mimbar yang sangat terhormat ini mari bersama sama kita bekerja semaksimal mungkin sesuai dengan tugas dan tanggungjawab baik sebagai pimpinan dan anggata DPRD, sebagai Bupati, Wakil Bupati dan seluruh jajarannya sebagai sekwan dan jajarannya, “ujar Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo Sunarto.

Pengambilan sumpah janji pimpinan DPRD Kabupaten Ponorogo masa jabatan 2019-2024

Sementara itu, Bupati Ponorogo Drs Ipong Muchlissoni menyampaikan, acara pengambilan Sumpah/Janji ini tentu bukan akhir dari sebuah perjalanan, akan tetapi awal dari sebuah perjalanan sebagai wakil dari nasib rakyat khususnya di Kabupaten Ponorogo.

“Selamat kepada anggota DPR terpilih sebagai perwakilan masyarakat semoga bisa mengemban amanah rakyat sehingga nantinya dapat menyejahterakan masyarakat di Kabupaten Ponorogo. Pemkab Ponorogo menyambut dengan gembira adanya pelantikan dan pengambilan sumpah/janji sehingga agenda yang akan datang bisa di mulai dan dijalankan. Kepada Anggota DPRD terpilih masa jabatan 2019 – 2024 semoga bisa mempertahankan regulasi pemerintahan dan dengan bekerja sungguh sungguh sehingga dapat meningkatkan kinerja untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Ponorogo. kita berharap keberhasilan anggota DPRD 2014-2019 harus lebih ditingkatkan kembali dan untuk anggota DPRD periode 2019-2024 sebagai tantangan baru untuk memberikan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Ponorogo.  Dengan adanya wakil-wakil dari Ponorogo semoga kedepan program-program di Ponorogo ini lebih baik. Selain itu, Pemkab Ponorogo berharap dengan dilantiknya anggota dewan sekarang ini agar secepatnya diagendakan sehingga dapat membawa Kabupaten Ponorogo yang lebih maju berbudaya dan religius, “tutur Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni.(adv)

Check Also

Operasi Patuh Semeru 2024 di Gresik, Bersama Tingkatkan Keselamatan Berlalu Lintas

Operasi Patuh Semeru 2024 di Gresik, Bersama Tingkatkan Keselamatan Berlalu Lintas

  SeputarKita, Gresik – Apel Operasi Patuh Semeru 2024 yang dipimpin Wakapolres Gersik Kompol Danu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *