Gebyar Peternakan Dan Perikanan Kabupaten Magetan Tahun 2019, Mulai Pencanangan Gerakan Minum Susu dan Gerakan Gemar Makan Ikan Hingga Tabur Benih Ikan Dewa di Sarangan

Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, SH, M.Si saat memberikan sambutan pada acara Gebyar Peternakan Dan Perikanan Kabupaten  Magetan Tahun 2019 (20/7/2019)
Magetan, Seputarkita – Guna memotivasi dan memacu kesadaran masyarakat dan pelaku usaha peternakan dan perikanan di wilayah Kabupaten Magetan, serta memberikan informasi yang lebih luas kepada masyarakat tentang usaha peternakan dan perikanan sehingga akan meningkatkan konsumsi protein hewani.
Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan menggelar “Gebyar Peternakan dan Perikanan tahun 2019” yang bertempat di Dukuh Singolangu dan Kawasan wisata Sarangan Kelurahan Sarangan Kecamatan Plaosan pada hari sabtu 20 Juli 2019.
Hadir dalam acara tersebut , Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph.D.Frina,  Kepala Badan Riset Dan Sumber Daya Manusia, Kementrian Kelautan Dan Perikanan,  Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, SH, M.Si bersama Forkopimda Magetan , Kepala OPD se Kabupaten Magetan, Forkopimca Kecamatan Plaosan, dan Siswa SMP, SMU dan SMK se Kecamatan Plaosan kurang lebih 1000 orang.
Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph.D.Frina,  Kepala Badan Riset Dan Sumber Daya Manusia, Kementrian Kelautan Dan Perikanan,  Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, SH, M.Si bersama Forkopimda Magetan setelah jalan sehat Dukuh Singolangu – Telaga sarangan
Acara diawali dengan melakukan senam sehat di lapangan Dukuh Singolanggu,  Penanaman bibit pakan ternak berkwalitas (indigofera) lalu dilanjutkan jalan sehat Start dari kampung susu Dukuh Singolangu menuju Telaga Sarangan.
Setiba di Telaga Sarangan Bupati Magetan bersama rombongan meninjau pelayanan kesehatan hewan Kuda di Lapangan Parkir Telaga sarangan dan peserta jalan sehat disambut dengan atraksi Marching band dari Politeknik Perikanan Sidoarjo.
Acara dilanjutkan dengan Pembukaan Gebyar Peternakan Dan Perikanan Kabupaten  Magetan Tahun 2019 serta Pencanangan gerakan minum susu dan gerakan gemar makan ikan oleh Bupati Magetan.
Dalam Sambutannya, Ketua Panitia sekaligus Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Magetan drh.Kustini, M Si menjelaskan,  “Dengan adanya giat gebyar Peternakan dan Perikanan Kabupaten  Magetan Tahun 2019 harapan Pemkab Magetan tentang permintaan keberadaan poltek perikanan bisa di kondisikan di Kabupaten Magetan.” Ucapnya.
 “Semoga kegiatan ini bisa memotivasi dan memacu kesadaran masyarakat insan peternakan dan
perikanan dalam pembangunan peternakan dan perikanan sehingga kedepannya bisa meningkatkan kemampuan pelaku usaha peternakan dan perikanan di wilayah Kabupaten  Magetan. ” Tambah Kustini.
Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph.D.Frina,  Kepala Badan Riset Dan Sumber Daya Manusia, Kementrian Kelautan Dan Perikanan,  Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, SH, M.Si bersama Forkopimda Magetan saat menebar benih ikan dewa di Telaga sarangan
Ir. R Sjarief Widjaja. Ph.D, FRINA selaku Kepala Badan Riset Dan Sumber Daya Manusia Kementrian Kelautan Dan Perikanan Menjelaskan ” KKP mempunyai mandatori tentang perikanan yang millenial, dari Dirjen KKP mendukung reverensi yang mempunyai daya juang. Dan KKP melihat Magetan ini mempunyai potensi dalam bidang perikanan maka dari itu kami berpikir untuk mengadakan event yang mengarah pada perikanan karena Magetan mempunyai lingkup alam yg masih alami.” Ucapnya.
“Oleh karena itu dengan adanya pengembangbiakan ikan dewa jadi pilihan yang baik, karena ikan ini adalah ikan asli Indonesia dan menurut hasil riset dari KKP Telaga Sarangan adalah habitat awal dari ikan dewa tersebut. Pungkasnya.
Ditempat yang sama Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto.SH, M.Si. mengatakan “Tujuan dari kegiatan ini adalah selain sebagai media sosialisasi dan pengenalan tentang ikan dan manfaat ikan dalam upaya meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat Magetan juga diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar ikan dan produk ikan khususnya di Kabupaten Magetan yang berdampak pada kesejahteran masyarakat baik pembudidayaan sampai pengolahan produk perikanan. Untuk itu harus kita dukung untuk dilanjutkan dan dikembangkan karena kegiatan ini merupakan salah satu upaya mensukseskan program pemerintah yaitu “Membangun Generasi yang Sehat, Kuat dan Cerdas” serta peningkatan ketahanan pangan melalui gemar makan ikan.” Tutur Bupati.
“Semoga dengan adanya gebyar Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan Tahun 2019 akan memberikan informasi yang lebih luas kepada masyarakat tentang usaha peternakan dan perikanan, sehingga bisa mengukur perkembangan dan kemajuan pembangunan peternakan dan perikanan dengan harapan akan meningkatkan konsumsi protein hewani di Kab. Magetan.” Pungkasnya.
Sebelum acara ditutup, Kepala Badan Riset Dan Sumber Daya Manusia, Kementrian Kelautan Dan Perikanan bersama Bupati Magetan dan Forkopimda melakukan Pelepasan burung merpati dan dilanjutkan dengan Penebaran 10.000 benih ikan dewa di Telaga sarangan. (Deni Dwi)

Check Also

Kapolres Sampang Pimpin Langsung Apel Gelar Patuh Semeru Tahun 

Kapolres Sampang Pimpin Langsung Apel Gelar Patuh Semeru Tahun 

  SeputarKita, Sampang – Kapolres Sampang AKBP Siswantoro S.IK, MH, Memimpin apel gelar pasukan Operasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *