Bupati Ponorogo Putuskan Calon Kades Nomer Urut 02 Setyorini Menjadi Kepala Desa Pager

Sekretaris Daerah Kabupaten Ponorogo, DR. Drs. H. Agus Pramono, M.M saat memberikan keterangan kepada awak media

Ponorogo, seputarkita – Sengketa Pilkades Desa Bungkal Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo yang terjadi kemarin, akhirnya menemui titik terang.

Meskipun setelah Pilkades Desa Pager Kecamatan Bungkal, diwarnai aksi demo karena permasalahan selisih dua suara, bahkan kedua calon diajak audensi dipertemukan oleh Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni pada tanggal (5/7) kemarin.

Pemkab Ponorogo dalam hal ini, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni yang memiliki kewenangan, akhirnya memutuskan dan menetapkan Calon Kepala Desa Pager nomer urut 02 Setyorini menjadi Kepala Desa Pager periode 2019-2025.

Sekretaris Daerah Kabupaten Ponorogo, DR. Drs. H. Agus Pramono, M.M menyampaikan bahwa, Bupati Ponorogo telah mempertemukan kedua kubu baik, calon kades nomer urut 01 dan calon kades nomer urut 02, beserta seluruh pemangku kepentingan Pilkades Desa Pager.

“Pada tanggal 5 Juli kemarin, Bapak Bupati sudah mempertemukan kedua kubu antara calon kades nomer urut 01 Agus Dian Mustofa dan calon kades nomer urut 02 Setyorini bersama panitia yang ada di Desa, Kecamatan, kabupaten, panwas, Polres, Kodim lengkap sampai jam 1 malam. Dan sudah disepakati, apapun yang diputuskan bapak Bupati, masing-masing kubu sudah siap menerima. Serta tidak tercetus untuk melakukan PTUN. Karena ini paling akhir tanggal 9, bapak Bupati melalui saya menyampaikan calon kades nomer urut 02 Setyorini akan disahkan dan segera dilantik tinggal menunggu hari atau waktunya, “kata Agus Pramono saat jumpa pers di ruang Bantarangin, Senen (8/7) kemarin.

Agus Pramono menambah, jadi Bupati Ponorogo telah menetapkan bahwa calon kades nomer urut 02 Setyorini yang menjadi Kepala Desa Pager Kecamatan Bungkal.

“Sebagai pertimbangan, yakni berdasarkan Perbup yang telah mengatur, apabila ada sengketa dengan selisih dua suara, patokannya adalah suara yang ada di kotak suara yang dihitung. Dengan demikian kita berharap roda pemerintahan di Desa Pager dapat berjalan dengan lancar demi melayani warga masyarakat setempat. Sedangkan untuk calon kades Desa Bondrang dan Koripan yang meninggal dunia sebelum dilantik, akan segara dijadwal untuk Pilkades lagi, “imbuhnya Sekda Agus Pramono.

Lebih lanjut Sekda Agus Pramono menuturkan, terkait dengan kekosongan jabatan Kepala Dukcapil karena meninggalkan dunia,
Bupati Ponorogo telah menunjuk Kepala Bakesbangpol Drs. Heri Sutrisno untuk pelaksana tugas di Dukcapil.

“Dengan pertimbangan, yang bersangkutan Bapak Heri Sutrisno menguasai administrasi kependudukan. Untuk Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan dijabat oleh Asisten II Henry Indrawardana, dengan pertimbangan adalah bidang pertanian salah satu yang dikoordinir oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan ini. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo yang pensiun, ditunjuk Plt. Endang Retno Wulandari yang sekarang menjabat Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Ponorogo. Sedangkan kekosongan jabatan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, karena menunaikan ibadah haji diisi oleh Plt. Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan posisi Camat Jetis yang juga sedang menunaikan ibadah haji diisi oleh Plt. Sekretaris Kecamatan Jetis, “pungkasnya.(sul)

Check Also

Operasi Patuh Semeru 2024 di Gresik, Bersama Tingkatkan Keselamatan Berlalu Lintas

Operasi Patuh Semeru 2024 di Gresik, Bersama Tingkatkan Keselamatan Berlalu Lintas

  SeputarKita, Gresik – Apel Operasi Patuh Semeru 2024 yang dipimpin Wakapolres Gersik Kompol Danu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *