APBDesa Ngumpul 2019 Wujud Aspirasi Gagasan Dan Harapan Warga Masyarakat Desanya

Kepala Desa Ngumpul Eko Budi Wiyono menunjukkkan banner APBDes di depan balai desa

Ponorogo, seputarkita – Desa Ngumpul merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo, yang terus melakukan percepatan pemerataan pembangunan guna mempermudah kegiatan pelayanan kepada warga masyarakat dengan memperbaiki sejumlah infrastruktur yang ada di desanya.

Hal tersebut terlihat dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Desa (APBDesa) Ngumpul Tahun 2019 yaknimewujudkan kedaulatan desa dalam semua aspek kehidupan masyarakat. Salah satu wujudnya yakni masyarakat desanya yang dilibatkan dalam musyawarah desa (Musdes). Baik dalam proses menyusun RPJMDes, RKPDes dan APBDes.

Kepala Desa Ngumpul Eko Budi Wiyono bersama perangkat, babinkamtibmas, babinsa dan warga mengcek prose pengerjaan infrastruktur  

Kepala Desa Ngumpul, Eko Budi Wiyono, SE saat dikonfrimasi mengatakan bahwa, APBDes itu milik masyarakat desa, bukan milik kades dan aparatur desa saja. Sebagai milik publik, maka Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) harus dipublikasikan agar semua warga dapat mengawasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang akan dibiayai oleh APBDes.

”Untuk itu, pemerintah Desa Ngumpul menampilkan banner besar di depan kantor balai desa, agar warga masyarakat bisa melihat. Banner besar tersebut berisi tentang informasi Anggaran dan Pendapatan Belaja Desa (APBDesa) Tahun 2019. Bahkan banner tersebut menampilkan secara rinci mengenai semua pendapatan dan pengeluaran Desa Ngumpul tahun 2019. Ini adalah bentuk transparansi pemerintah Desa Ngumpul dalam penggunaan Anggaran dan Pendapatan Belaja Desa (APBDesa) Tahun 2019, “kata Eko Budi Wiyono saat dikonfrimasi di ruangnya, Rabu (17/7).

Kepala Desa Ngumpul Eko Budi Wiyono bersama perangkat, babinkamtibmas, babinsa dan warga mengcek prose pengerjaan infrastruktur 

Eko Budi Wiyono menambahkan, ini adalah bentuk transparansi yang merupakan hal sangat penting dan diperlukan dalam penyelenggaraan pemerintahan, apalagi transparansi menyangkut tentang anggaran. Selain itu, pada APBDes tersebut, merupakan aspirasi, gagasan dan harapan dari warga masyarakat Desa Ngumpul sendiri.

“Untuk alokasi anggaran, pemerintah Desa Ngumpul memfokuskan pada mewujudkan pemertaaan dan pembangunan infrastruktur di Desa. Harapannya adalah dengan akses infrastruktur yang memadai, tentu akan memperlancar mobilitas dalam kegiatan sehari-hari dan memperlancar roda perekonomian dari warga masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat dan kemajuan Desa Ngumpul, “imbuhnya.

Kepala Desa Ngumpul Eko Budi Wiyono bersama perangkat, babinkamtibmas, babinsa dan warga mengecek prose pengerjaan infrastruktur 

Lebih lanjut Kades Ngumpul menuturkan, selain pembangunan infrastruktur,  untuk pemberdayaan fokus pada bidang pertanian, dalam upaya menciptakan petani yang maju dari konvensional ke modern.

“Melalui pelatihan-pelatihan tentang pertanian, agar para petani yang biasanya panen tiap bulan, nantinya bisa panen tiap minggu. Dan juga pelatihan-pelatihan PKK, agar kedepannya para warga masyarakat memiliki ketrampilan yang bisa menjadi sumber pendapatan bagi keluraga dan lingkungannya, “pungkas Kades Ngumpul Eko Budi Wiyono. 

Check Also

Periksa HP Anggota, Langkah Kodim 0802/Ponorogo Cegah Judi Online

  SeputarKita, Ponorogo – Usai pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera dan Korps Pindah Satuan Perwira Kodim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *