Ketua TP PKK Ponorogo Sri Wahyuni Dorong Produk Unggulan Desa Plancungan

Ketua TP PKK Ponorogo Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni bersama Ketua PKK Desa Plancungan menunjukan hasil kerajinan gerabah

         
           
Ponorogo, harianseputarkita – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo menyambangi Desa Plancungan yang masuk salah satu agenda dalam kegiatan road show Kunjungan Kerja (Kunker) disejumlah Desa di Kecamatan Slahung, Rabu (5/3).

Dalam kunjungan kerja (kunker) tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo, Hj. Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni, S. Sos datang bersama Dinas PMD, Dinas Perdakum, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Bappeda dan Litbang, serta BPPKAD yang didampingi Forpinka Kecamatan Slahung beserta staf.

Ketua TP PKK Ponorogo Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni menunjukkan wedang rempah bersama Ketua PKK Desa Plancungan dan Camat Slahung Imam Rohni

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo, Hj. Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni, S.Sos menyampaikan bahwa, pihaknya bersama rombongan melakukan kunjungan kerja (Kunker) kesejumlah desa-desa di Kecamatan Slahung, dalam rangka silaturahmi, menjalin kerjasama dengan PKK Desa, juga melakukan pembinaan, pelatihan maupun penyuluhan yang berhubungan dengan 10 Progam Pokok PKK.

“PKK dengan programnya harus bisa memperkuat ketahanan keluarga dari berbagai sisi, keluarga akan kuat jika keluarga tersebut kuat dari ekonomi. Yakni dengan menggali potensi, mendorong pertumbuhan dan membangkitkan ekonomi kreatif berbasis produk unggulan, One Village One Produk, satu desa satu produk. Seperti di Desa Plancungan ini dengan pelatihan, pembinaan dan pemberdayaan pembuatan wedang rempah, “kata Sri Wahyuni.

Sri Wahyuni juga merupakan istri Bupati Ponorogo Drs Ipong Muchlissoni menambahkan, Desa Plancungan layak sebagai Desa wisata. Sebab disamping view pemandangan alam yang indah, juga terdapat produk unggulan kuliner wedang rempah, tempe keripik dan kerajinan gerabah hasil karya warga masyarakat setempat.

“Ini merupakan potensi Desa yang harus dikembangkan. Tadi bersama rombongan menikmati wedang rempahnya enak bikin badan anget. Kerajinan gerabah juga bagus dan menarik. Maka, kita akan terus mendorong berupaya memberikan pelatihan, pembinaan, pemberdayaan dan mendorong serta memfasilitasi kepada PKK Desa Plancungan bersama warga masyarakat setempat mengembangkan produk unggulan yang ada. Harapannya kedepan, produk unggulan tersebut bisa dijadikan wirausaha, yang dapat menjadi sumber ekonomi bagi lingkungannya dengan pembekalan kemampuan untuk berwirausaha melalui pemberdayaan yang dilakukan PKK Desa Plancungan setempat, “imbuh Sri Wahyuni.

Sementara itu, Kepala Desa Plancungan, Nuri Prasetyo, SE mengatakan, atas nama Pemerintah Desa dan warga masyarakat Desa Plancungan mengucapkan banyak terima kasih dan merupakan suatu kehormatan serta kebanggaan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo sudi berkunjung ke desanya. Produk unggulan Desa Plancungan seperti wedang rempah, tempe keripik dan kerajinan gerabah sebenarnya merupakan hasil karya dari nenek moyang terdahulu yang dilestarikan turun menurun.

Ketua TP PKK Ponorogo Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni bersama PKK Desa Plancungan, Camat Slahung Imam Rohni dan Kades Plancungan Nuri Prasetyo

“Seperti wedang rempah dari Desa Plancungan ini berbahan alami seperti secang, jahe, serai, daun salam kapulaga, daun pandan dan gula. Namun, untuk mengolah dengan citra rasa yang enak harus menggunakan tembikar. Yakni kerajinan gerabah yang warga masyarakat di sini juga bisa membuatnya. Makanya antara wedang rempah dan kerajinan gerabah sebetulnya itu satu paket. Untuk itu, dengan pelatihan, pembina dan pemberdayaan dari Ketua TP PKK Kabupaten Ibu Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni ini, diharapkan para warga masyarakat Desa Plancungan, bisa terus berkreasi, berkarya, untuk mengembangkan produk unggulan ini. Dan semoga melalui PKK dapat nantinya menfasilitasi dan memberikan bantuan terhadap produk unggulan tersebut agar Desa Plancungan lebih maju dan berkembang melalui produk-produk unggulan yang ada, guna peningkatan perekonomian warga masyarakat Desa Plancungan, “tutur Kades Plancungan.(sul)

Check Also

Polres Gresik Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra Semeru 2024

Polres Gresik Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra Semeru 2024

  SeputarKita, Gresik – Polres Gresik melaksanakan apel gelar pasukan untuk Operasi Zebra Semeru 2024 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *