Ketua TP PKK Ponorogo Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni Kunjungi Desa Ngendut

Foto : Ketua TP PKK Ponorogo Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni, Kepala Desa Ngendut Wadiyem dan TP PKK Desa Ngendut

Ponorogo, harianseputarkita – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo, yang juga isteri Bupati Ponorogo Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) disejumlah desa yang ada di Kecamatan Balong. Salah satunya mengunjungi dan melakukan pembinaan serta pemberdayaan kepada purna Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Desa Ngendut, Rabu (12/12).

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo, Hj. Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni, S.Sos menyampaikan bahwa, pihaknya bersama rombongan mengunjungi dan melihat secara langsung pemberdayaan purna TKW yang ada di Desa Ngendut. Para purna TKW tersebut dibina dan diberdayakan oleh TP PKK Desa setempat agar tidak mengadu nasib lagi ke luar negeri dan bisa menjadi sumber ekomoni bagi keluarga dan lingkungannya.

“Diberikan pembinaan dan pemberdayaan ketampilan menjahit yang harapannya mereka yang purna TKW itu, memiliki suatu skill yang nantinya dapat untuk dijadikan wirausaha meningkatkan perekonomian mereka kedepannya. Mereka pekerja Migran Indonesia atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang telah kembali tanah air diharapkan tidak lagi mengadu nasib di negara lain. Dapat menjadi sumber ekonomi bagi lingkungannya dengan pembekalan kemampuan untuk berwirausaha melalui pemberdayaan yang dilakukan TP PKK Desa Ngendut setempat, “kata Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni.

Sementara itu, Kepala Desa Ngendut, Wadiyem menuturkan, atas nama pemerintah desa dan warga masyarakat Desa Ngendut mengucapkan banyak terima kasih serta bangga dengan kedatangan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo ke desanya. Dengan keterampilan menjahit tersebut adalah upaya pemberdayaan bagi TKI purna dan keluarga berupa edukasi kewirausahaan. Selain itu, perhatian dari pemmerintah daerah atau TP PKK Ponorogo membantu memfasilitasi dan memberikan bantuan untuk pemberdayaan para purna TKW Desa Ngendut supaya lebih berkembang lagi.

“Mereka para purna TKW maupun keluarga ini, diberikan pemberdayaan pelatihan-pelatihan terampil menjahit agar nantinya dapat untuk bisa wirausaha. Tujuannya adalah mereka tidak perlu merasa kembali lagi ke luar negeri. Itu tujuan yang paling kecil. Tujuan yang paling besar adalah mereka bisa berkreasi, berusaha, mengembangkan ekonomi di rumah dan bisa menjadi sumber ekonomi bagi lingkungannya. Dengan kedatangan TP PKK Kabupaten Ponorogo ini, diharapkan dapat menfasilitasi dan memberikan bantuan agar mereka para purna TKW Desa Ngendut lebih maju dan berkembang guna peningkatan perekonomian warga masyarakat Desa Ngendut, “tutur Kepala Desa Ngendut.(sul)

Check Also

Operasi Patuh Semeru 2024 di Gresik, Bersama Tingkatkan Keselamatan Berlalu Lintas

Operasi Patuh Semeru 2024 di Gresik, Bersama Tingkatkan Keselamatan Berlalu Lintas

  SeputarKita, Gresik – Apel Operasi Patuh Semeru 2024 yang dipimpin Wakapolres Gersik Kompol Danu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *