Seorang Anggota PPWI Sukses Kembangkan Bisnis Pertanian

harianseputarkita.blogspot.co.id – Rembang,  Seorang warga Desa Telogotunggal, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah yang juga anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) ini berhasil kembangkan bisnis pertanian yang dahsyat.

Sebut saja Rustamaji, di lahan seluas 1 Hektar yang berada di tempat tinggalnya tersebut telah ditanami mentimun jenis Wrinter Melon atau yang biasa disebut dengan Mentimun Jepang.

Menurutnya, dalam budidaya mentimun jenis ini tidak membutuhkan modal besar namun hasilnya sangat luar biasa.

Dalam satu pohon, biaya sewa tanah dan perawatan mulai dari tanam hingga panen jika dikalkulasi hanya menghabiskan Rp.2.000 saja. Dan dalam satu pohon bisa menghasilkan buah dengan berat 2 hingga 6 Kilogram, sedangkan harga per-Kilogramnya mencapai Rp.1.500. Jadi jika ditotal dengan modal Rp.2.000/pohon bisa berkembang menjadi Rp.3.000-Rp.9.000.

Mengenai masa tumbuh pada mentimun ini kurang lebih mencapai 90 hari, sedangkan masa panen bisa dirasakan pada usia 36-40 hari setelah tanam.

“ Mentimun Jepang jenisnya banyak, tapi saya memilih jenis ini karena selain banyak manfaatnya bagi kesehatan juga buahnya bisa lebih besar dari mentimun biasanya,” terang Rustamaji.

Saat ditanya tentang penjualan, Kepada teropongnusa.com, Rustamaji mengatakan, dirinya tidak khawatir karena sebelumnya sudah menjalin kerjasama dengan seorang pengepul yang siap mengambil hasil panenannya setiap saat.

Rustamaji juga menyampaikan bahwa dirinya tidak segan untuk menularkan ilmunya kepada orang lain jika memang ada masyarakat yang tertarik dengan usahanya ini. “ Jika ada masyarakat yang ingin mengetahui cara menanam Mentimun Jepang ini, saya siap menularkan ilmunya dan gratis,” kata Rustamaji.( sumber, teropongnusa.com)

Check Also

Pemilu 2024 Lancar dan Damai, Kapolres Apresiasi Warga Magetan

  SeputarKita, Magetan – Pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, berjalan dengan lancar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *