Desa Dinden Gelar Musyawarah Desa Penyusunan RKP Desa Tahun 2022


SeputarKita, Ngawi – Dalam rangka untuk melaksanakan pembangunan desa yang partisipatif, berkesinambungan serta mensinergikan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa perlu dilakukan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) setiap tahunnya.

Menyikapi hal tersebut, Badan Musyawarah Desa (BPD) Dinden menyelenggarakan Musyawarah Desa (Musdes) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Desa Dinden Tahun Anggaran 2022 di Kantor Desa Dinden.

Dalam Musdes kali ini dihadiri oleh Pendamping Desa, Kepala Desa bersama Perangkat Desa Purwosari, Ketua LPMD, Ketua TP-PKK, Ketua RT dan RW, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Perwakilan Kelompok Perempuan.

Kepala Desa Dinden, Danang gulit mengatakan bahwa musdes ini adalah acara rutin tahunan dalam penyusun rencana kerja pemerintah desa dengan beberapa agenda penting terkait dengan persiapan penyusunan RKPDesa Dinden Tahun Anggaran 2022 yakni Pencermatan RKPDesa Tahun Berjalan, Pencermatan Ulang RPJMDesa, Penyampaian Pandangan dan Pokok-Pokok Pikiran BPD, serta pembentukan Tim Verifikasi Desa Dinden.

Dalam pencermatan RKPDesa Dinden Tahun Anggaran 2021 yakni penyampaian realisasi RKP Desa per September 2021 oleh Kepala Desa Dinden.

Kepala Desa Dinden, Danang Gulit mengungkapkan bahwa untuk anggaran tahun 2021 yang sudah direalisasikan secara keseluruhan telah mencapai lebih dari 80% realisasinya. Namun perlu diketahui, ada beberapa program yang tidak bisa terealisasi akibat adanya refocusing anggaran dalam upaya pencegahan Covid-19.

Gulit, juga menambahkan apabila ada anggaran yang belum terealisasi di Tahun 2021 agar dapat dimasuk kembali pada Tahun Anggaran 2022.

Sementara itu, menanggapi penyampaian realisasi RKPDesa per September 2021 oleh Kepala Desa Dinden, menyampaikan bahwa semua anggaran yang telah direaliasikan telah berjalan secara normatif. Kedepannya Pemerintah desa diharapkan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam segala bidang.

Dalam kesempatan ini, dibahas dan disusun beberapa pembangunan fisik yang belum terealisasi di tahun 2021 dan penambahan usulan baru rencana pembangunan desa untuk tahun anggaran 2022 dari tiga Dusun se-Desa Dinden serta penambahan usulan dari aspirasi masyarakat. (Gus/Az).

Check Also

DPC PDI Perjuangan Magetan Rapatkan Barisan Siap Menangkan Pilkada 2024

DPC PDI Perjuangan Magetan Rapatkan Barisan Siap Menangkan Pilkada 2024

  SeputarKita, Magetan – DPC PDI Perjuangan Magetan menggelar rapat kerja cabang diperluas di wisma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *