Desa Mojopitu Manfaatkan DD Untuk Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Dan Pemberdayaan

Foto : Salah satu titik pembangunan plengsengan pengaman jembatan 

harianseputarkita, Ponorogo – Melalui dana desa pemerintah pusat terus gencar menggelontorkan kucuran bantuan yang peruntukkannya untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Yang bertujuan mensejahterakan masyarakat pedesaan.

Salah satunya Desa Mojopitu, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo yang mendapatkan kucuran bantuan dana desa, digunakan untuk membangun sejumlah infrastruktur yang ada desa, demi meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga masyarakatnya.

Kepala Desa Mojopitu, Didik Setiawan saat dikonfirmasi di ruang kerjanya mengatakan bahwa untuk tahun 2018 ini, desanya mendapatkan kucuran dana desa dari pemerintah sekitar Rp.688.000.000 yang digunakan untuk membangun infrastruktur disejumlah dukuh yang ada di wilayah Desa Mojopitu yaitu Dukuh Kori dan Dukuh Krajan.

“kucuran bantuan dana desa dari pemerintah, kita memanfaatkanya untuk pembangunan infrastruktur sekitar 11 titik disejumlah dukuh yang tersebar di wilayah Desa Mojopitu. Untuk pembangunan infrastruktur sendiri meliputi pembangunan plengsengan pengaman jembatan yang telah selesai, saluran irigasi masih tahap pengerjaan, gedung Polindes dan pemberdayaan yakni pelatihan pembekalan BPD, Posyandu Balita dan Lansia serta pengadaan alat-alat kesehatan. Anggaran yang beluk ditranfers sekitar 40%, sedangkan yang 60% sudah dialokasikan untuk pembangunan plengsengan yang telah selesai pengerjaannya dengan melibatkan warga masyarakat secara padat karya, “kata Didik Setiawan, Selasa (23/10).

Didik Setiawan menambahkan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah karena desanya mendapat kucuran bantuan dana desa tersebut. Dan berharap progam bantuan dana desa itu membantu perkembangan dan pemerataan pembangunan infrastruktur di Desa Mojopitu bisa terwujud, demi meningkatkan kesejahteraan dan roda perekonomian warga. Terima kasih juga peran serta, partisipasi dan dukungan dari warga masyarakat Desa Mojopitu, yang antusias serta turut mengawasi dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur dari progam bantuan dari pemerintah tersebut.

“Semoga dengan pembangunan infrastruktur dari dana desa tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat dan  pemerataan pembangunan di Desa Mojopitunbisa terwujud, serta memperlancar roda perekonomian. Dan untuk ke depannya ada peningkatan dari progam bantuan pemerintah akan digunakan nantinya bisa untuk pemberdayaan masyarakat selain pembangunan infrastruktur di Desa, “imbuhnya.(sul)

Check Also

Pembekalan Tim Pokja dan Pemutakhiran Data IDM berbasis SDGs 2021 Desa Klegen

SeputarKita, Pemalang – Sesuai dengan Peraturan Menteri Desa nomer 13 tahun 2020 tentang pengunaan Dana …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *