Gebyar 2019 Penari Jathil Ponorogo Pecahkan Rekor MURI

Foto : Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni didampingi istri Sri Wahyuni bersama jajaran Forpinda serahkan eblek kuda kepada penari, penerima penghargaan dari rekor Muri dan para penari jathil kolosal secara massal

Ponorogo, harianseputarkita – Mengawali Tahun Wisata 2019 Pemerintah Kabupaten Ponorogo menggelar pertunjukkan tari kolosal secara massal yang bertajuk Gebyar 2019 Penari Jathil di alun-alun setempat, Minggu (17/2).

Perhelatan Akbar yang memukau puluhan ribu baik warga masyarakat luar dan warga masyarakat Ponorogo sendiri tersebut, melibatkan sekitar 2062 penari Jathil dari siswi SMP dan SMA sederajat se-Kabupaten Ponorogo.

Sebelum pertunjukan tari kolosal jathil dimulai, diawali terlebih dahulu dengan penyerahan Eblek/Kuda dari Bupati Ponorogo Drs. Ipong Muchlissoni kepada perwakilan penari Jathil.

Dan pagelaran tari jathil kolosal secara massal tersebut, mendapatkan rekor MURI sebagai penari terbanyak. Yang piagam perhargaannya langsung diserahkan oleh Eksekutif Manager Muri Indonesia Sri Widayati kepada Bupati Ponorogo Drs Ipong Muchlissoni.

Bupati Ponorogo Drs Ipong Muchlissoni menyampaikan masyarakat Ponorogo atas keberhasilan yg telah memecahkan Rekor muri ini. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada anak anak yg telah  membawakan tari jathil sebanyak 2062 dari siswi SMP dan SMA sederajat se-kabupaten Ponorogo.

“Tari jathil merupakan seni kebudayaan yg mendampingi Kesenian Reyog Ponorogo yg sudah terkenal dan tersohor di seluruh dunia. Terima kasih kepada seluruh anak-anak yang sudah membawakan tari jathil secara massal ini, “kata Ipong.

Ipong menambahkan, tari jathil menjadi ikon Ponorogo bahkan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia yang dikenal diseluruh dunia.

“Untuk itu, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kesempatan dan memacu semangat kepada anak anak kita, remaja remaja kita untuk terus mengembangkan kesenian kebudayaan kebanggaan masyarakat menuju Ponorogo yang lebih maju berbudaya dan religius, “imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Ponorogo, Lilik Slamet Rahardjo, SE, MM menuturkan gebyar 2019 penari jathil ini merupakan salah satu dari sekitar 80 even yang digelar dalam tahun wisata 2019 ini.

“Dan gebyar 2019 penari jathil ini saling satu top 10 even yang akan digelar di tahun wisata 2019 ini. Masih ada 9 top even lain yakni Pesta Durian, Batik Ponorogo Street Exhibition, Festival Angkringan, Festival Dalang Bocah, Festival Topeng Internasional, The Beauty Of Ponorogo Ethnic Percussion, Reyog Jazz, Peringati Hari Jadi Ponorogo Dan Perayaan Grebeg Suro Dan Festival Kuliner Khas Ponorogo. Diharapkan dengan semua event yang digelar akan menjadikan Ponorogo tujuan destinasi pariwisata, mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dengan bertambahnya PAD demi menuju Ponorogo yang lebih maju, berbudaya dan religius, “tuturnya. (Sul)

Check Also

Istirahat Siang, Buruh Panen Asal Madiun Tewas di Magetan

Istirahat Siang, Buruh Panen Asal Madiun Tewas di Magetan

  SeputarKita, Magetan – Sukarmanto (45) seorang buruh panen padi asal Desa Lembah, Kecamatan Dolopo, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *