Kemensos Salurkan Program Atensi Bagi Lansia dan Disabilitas di Sampang

 

SeputarKita, Sampang – Kementerian Sosial melalui Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia,Bersaman Dinas Sosial Kabupaten Sampang melaksanakan penyaluran Bantuan Barang Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) kepada 178 lanjut usia dan 152 Disabelitas di Aula Dinsos Kabupaten Sampang.Rabu, (19/6/2024).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut hasil Terintegrasi UPT Kemensos Sentra Terpadu Prof.Dr. Soeharso, yang di Assismen oleh Pendampi Rehsos Kabupaten sampang beberapa waktu lalu.

Penerima bantuan ATENSI adalah lanjut usia yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan belum menerima program bantuan dari Kementerian Sosial, sedangkan di Kota Sampang mendapatkan alokasi 500 lansia dan Disable. Bantuan Program ATENSI yang disalurkan berupa sembako dan alat kebersihan diri.

 

Kepala Dinas Sosial Sampang, Edi Subinto, S.pd.,M.M menyampaikan “ATENSI bertujuan untuk mencapai keberfungsian sosial individu, keluarga dan komunitas dalam memenuhi kebutuhan dan hak dasar, melaksanakan tugas dan peranan sosial, serta mengatasi masalah dalam kehidupan”.

Dukungan pemenuhan kebutuhan dasar adalah salah satu implementasi ATENSI untuk mewujudkan lanjut usia mencapai keberfungsian sosialnya. Dukungan pemenuhan kebutuhan hidup layak adalah harapan bagi setiap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

ATENSI juga sebagai komitmen bersama dalam mendukung kesejahteraan sosial bagi PPKS dan wujud kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat Kab.Sampang. Dengan layanan ATENSI masyarakat semakin merasakan kehadiran pemerintah, dimana  dukungan, sinergitas dan kolaborasi dengan stakeholder akan semakin kokoh dalam mewujudkan layanan kelompok rentan.

Kordinator Pendamping Rehsos, Eva Yustiana Sandy “menjelaskan penyaluran program ATENSI tersebut akan di terima sebanyak 500 penerima terdiri dari Lansia dan Desablitas dari 13 Kecamatan di Kabupaten Sampang, akan tetapi penyaluran hari ini hanya di salurkan kepada 330 Penerima sisanya akan di salurkan nanti pada hari Anak, kerena sisa penerima tersebut adalah anak yang istimewa (Disable).

Adapun yang mereka terima burupa perlengkapan Sembako seperti minyak goreng, sarden ABC, abon ayam, kecap, teh celup, anlene gold, madu, wafer tango, roma kelapa, minyak kayu putih, minyak gosok, balsam, nice facial tissue, pasta gigi, detergen, sikat gigi, sampo, sarung, handuk, dan beras super 10 kg,Jelasnya. (Aj)

Check Also

BPN Ponorogo Serahkan Sertifikat Elektronik PTSL Kepada Warga Sawoo

BPN Ponorogo Serahkan Sertifikat Elektronik PTSL Kepada Warga Sawoo

  SeputarKita, Ponorogo – ATR/BPN Kabupaten Ponorogo bersama Pemerintah Desa Sawoo Kecamatan Sawoo menyerahkan sertifikat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *