Jawab Tantangan Langkanya Pupuk Subsidi, Pemdes Jogorogo Ajak Petani Kembali Ke Organik


SeputarKita, Ngawi – Sebagai upaya menjawab tantangan terhadap kelangkaan pupuk subsidi sekaligus mengembalikan ekologi tanah, Pemerintah Desa Jogorogo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi menggelar Sosialisasi Pupuk Ramah Lingkungan. Rabu, (09/03/2022).

Kegiatan yang digelar di Balai Desa Jogorogo tersebut dihadiri Bupati Ngawi, H. Ony Anwar Harsono ST, MH, Forkopimca Jogorogo, Petugas dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Jogorogo sebagai narasumber, Kepala Desa Jogorogo, Nur Ekawati,SE beserta perangkat, Ketua RT dan sejumlah petani di Desa Jogorogo.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono mengajak kepada warga Desa Jogorogo khususnya untuk menanam padi secara organik.

“Kita harus mulai kembali bertani dengan sistem kemandirian ramah lingkungan (organik) berkelanjutan, yang bonusnya biaya produksi rendah, pola tanam hebat dengan hasil beras yang lebih sehat dan harganya mahal,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Jogorogo, Nur Ekawati menjelaskan, Pemakaian bahan kimia yang berkepanjangan pada aplikasi pengolahan lahan menyebabkan terjadinya pengerasan lahan pada lapisan atas tanah. Hal tersebut mengakibatkan kesuburan lahan menjadi terganggu sehingga tanah tidak mampu mensuplai unsur hara bagi tanaman.

“Petani harus kembali ke pupuk ramah lingkungan, jika petani terus menggunakan pupuk organik secara berkelanjutan, tanahnya akan semakin subur sehingga produktivitasnya semakin tinggi,” pungkasnya. (Pri).

Check Also

Bupati Pemalang Luncurkan Studio On Air 2 LPPL Radio Swara Widuri 87,7 FM

Bupati Pemalang Luncurkan Studio On Air 2 LPPL Radio Swara Widuri 87,7 FM

  SeputarKita, Pemalang – Bupati Pemalang Mansur Hidayat secara resmi meluncurkan Studio On Air 2 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *