Pembangunan Jalan Sawah di Ronowijayan, Permudah Akses Petani Antar Desa

Jalan Sawah  Desa Ronowijayan Yang Sudah di Cor


SeputarKita, Magetan – Pemerintah Desa Ronowijayan, Kecamatan Maospati membangun jalan akses bagi petani untuk mengangkut hasil panen lewat program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW).

PISEW adalah program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Program PISEW merupakan bagian dari penyaluran Program Padat Karya Tunai (PKT). Pelaksanaan program PKT dilaksanakan melalui pembangunan infrastruktur yang melibatkan masyarakat/warga setempat sebagai pelaku. Khususnya, infrastruktur berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan teknologi, Tujuannya, untuk mendistribusikan dana pembangunan hingga ke desa-desa.

Sunarto, Kepala Desa Ronowijayan mengatakan, program padat karya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini merupakan pengembangan infrastruktur untuk menunjang jalan produksi pertanian, serta sebagai prasarana pendukung pemasaran komoditas untuk memudahkan petani dalam mengangkut hasil pertanian. Selasa, (01/12/2021).

Sunarto menuturkan, pekerjaan pengecoran Jalan desa ini menghubungkan persawahan di tiga desa, yaitu Desa Suratmajan, Desa Ngujung dan Desa Ronowijayan sendiri.

“Total anggaran yang digunakan sebesar 600 juta rupiah, anggaran tersebut untuk pengecoran jalan dan pembangunan talud, total panjangnya kurang lebih 410 meter, lebar 3 meter dan ketebalan cor 15 centimeter.” Terang Sunarto.

Proses Pengerjaan Pengecoran Jalan Sawah

Dijelaskan Sunarto, pekerjaan program PISEW dilakukan dengan melibatkan 35 orang warga setempat. Masyarakat adalah sebagai pelaku, khususnya dalam pembangunan infrastruktur berskala kecil atau pekerja yang sederhana, dimana dapat memberdayakan masyarakat.

“Pembangunan jalan merupakan satu langkah yang dilakukan pemerintah, jalan tersebut merupakan jalan penunjang produksi pertanian dan industri serta sebagai prasarana pendukung pemasaran komoditas yang dihasilkan,” katanya.

Tak lupa, Sunarto mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah yang telah memberikan program PISEW di desanya. Diakuinya, program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dapat mempermudah transportasi petani dalam meningkatkan hasil pertaniannya.

“Terima kasih semoga dengan dibangunnya akses jalan pertanian lewat program PISEW ini, dapat meningkatkan sektor perekonomian warga,” tuturnya.

Hal senada juga dirasakan oleh Sutimin, salah satu warga Desa Ronowijayan. Menurutnya, dengan dibangun jalan cor, jalur transportasi menuju sawah dapat dilalui dengan mudah dan lancar.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada pemerintah atas bantuan program PISEW yang dilaksanakan di Desa Ronowijayan. Kami sangat senang, jalan menuju akses pertanian sudah terlihat bagus,” pungkasnya. (Red).

Check Also

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar Pisah Sambut PJ Bupati OKU dari H Teddy Meilwansyah Ke Iqbal Alisyahbana

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar Pisah Sambut PJ Bupati OKU dari H Teddy Meilwansyah Ke Iqbal Alisyahbana

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar Pisah Sambut Penjabat Bupati dan PJ Ketua TP …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *