Upacara Hari Pahlawan di Magetan, Jadikan Pahlawan Sebagai Inspirasi


SeputarKita, Magetan – Setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan, untuk mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang mengusir penjajah dari bumi Indonesia. Pemkab Magetan Rabu (10/11/2021) gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021, bertempat di Alun Alun Magetan, pelaksanaan upacara ini berjalan khidmat.

Mengambil tema ” Pahlawanku Inspirasiku “. Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Magetan Dr, Drs, H.Suprawoto, SH, MSI yang diikuti dan dihadiri pejabat forkopimda dan seluruh unsur Pimpinan, Pejabat Fungsional, Pejabat Struktural, dengan mengikuti Protokol kesehatan Covid 19. 

Bupati Magetan Suprawoto dalam sambutannya menekankan, peringatan Hari Pahlawan merupakan momentum untuk introspeksi diri, seberapa jauh komponen bangsa mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan.

Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia, “ungkapnya”.

Hal senada juga disampaikan Dandim 0804/Magetan, pada hakekatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya namun tidak ada kata akhir untuk berjuang. Setiap etape perjuangan berlanjut pada etape perjuangan berikutnya sesuai tuntutan lingkungan strategis.

Oleh karena itu setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan patriotisme dan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari, “tegasnya”.

Untuk mengenang nilai patriotisme para pahlawan, dalam upacara tersebut dibacakan pula pesan-pesan perjuangan dari sejumlah Pahlawan Nasional.



Sementara itu, Kapolres Magetan AKBP Yakhob Silvana Delareskha SIK, mengatakan bahwa, Peringatan Hari Pahlawan bertujuan untuk menghormati dan mengenang perjuangan para pahlawan serta membangun ingatan kolektif untuk menggerakkan kesadaran masyarakat, dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari

Lebih lanjut Kapolres katakan, “,bahwa penting untuk mengingat kembali momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan”.

“,Semangat dan tekad para pahlawan harusnya dapat menginspirasi kita sebagai generasi penerus sesuai dengan tema perayaan upacara kali ini yaitu Pahlawanku Inspirasiku”, pungkasnya.

Dalam kesempatan ini dilaksanakan pula penyerahan Piagam Penghargaan Perangkat Daerah Terbaik dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik tahun 2021 yaitu kategori terbaik pertama DPMPTSP, ke dua DisdukCapil, ke tiga BKD. Dalam upacara ini bertindak selaku Komandan Upacara Kapten.Inf. Wahyu Jatmiko dan Perwira Upacara Kapten CBA (K) Dyah Nilasari. 


Selesai upacara bendera, dilanjutkan Ziarah di TMP (Taman Makam Pahlawan) “Yudho Negoro” Kabupaten Magetan. (Red)

Check Also

Petani Bawang Merah Desa Jatirejo Rejoso Terancam Gagal Panen

Petani Bawang Merah Desa Jatirejo Rejoso Terancam Gagal Panen

SeputarKita, Nganjuk  — Sejak beberapa pekan terakhir petani bawang merah di Nganjuk, disibukkan dengan serangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *