Langka, Bunga Bangkai Ditemukan Tumbuh di Pekarangan Rumah Warga Sidolaju, Ngawi

SeputarKita, Ngawi – Beberapa pucuk bunga bangkai ditemukan tumbuh di pekarangan belakang rumah milik seorang warga Dusun Sidorejo RT 13 RW 04 Desa Sidolaju Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi.

Dua pucuk bunga bangkai sudah terlihat mekar dan besar, sedangkan lainnya baru tumbuh dari dalam tanah.

Pemilik rumah pasangan Saparah dan Wagimin kepada media SeputarKita mengisahkan, bahwa bunga bangkai seringkali tumbuh di pekarangan belakang rumah miliknya. Dan terakhir tumbuh sekitar lima hari belakangan usai turun hujan. Bahkan pernah ada yang tumbuh sangat besar hingga sekitar satu meter.

“Sering tumbuh di situ dan sudah tidak tahu berapa kali. Tahunya muncul aroma tak sedap seperti bau bangkai,” ujar Saparah dan Wagimin, Senin (01/11/21).

Lebih lanjut, Saparah dan Wagimin menjelaskan, dalam sekali tumbuh, terkadang muncul satu hingga dua bunga bangkai bahkan tak jarang hingga tumbuh secara bergantian beberapa kali.

Tumbuhnya bunga bangkai itu sontak menarik perhatian warga sekitar untuk datang melihat. la menyatakan bahwa warga sekitar yang datang umumnya anak-anak sekolah untuk melihat bunga langka tersebut.

“Sudah banyak warga yang datang untuk melihat,” katanya.

Saparah dan Wagimin menyebut saat pertama kali ditemukan, bunga terlihat segar, terdapat warna merah tua dan kuning pada bagian tengah bunga. Namun, dalam beberapa hari kemudian akan mulai nampak layu.

Dalam laman Wikipedia disebutkan bahwa bunga bangkai atau bunga raksasa dalam bahasa latin disebut amorphophallus yang berasal dari bahasa Yunani Kuno “amorphos” yang berarti “cacat, tanpa bentuk” dan “phallos” yang berarti “penis”.

Terdapat 170 jenis bunga bangkai di seluruh dunia dan sekitar 25 jenis di antaranya bisa ditemui di Indonesia, yaitu delapan jenis di Sumatera, enam di Jawa, tiga di Kalimantan dan satu di Sulawesi. (Gus).

Check Also

Petani Bawang Merah Desa Jatirejo Rejoso Terancam Gagal Panen

Petani Bawang Merah Desa Jatirejo Rejoso Terancam Gagal Panen

SeputarKita, Nganjuk  — Sejak beberapa pekan terakhir petani bawang merah di Nganjuk, disibukkan dengan serangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *