Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 93, Bersatu Bangkit dan Tumbuh


SeputarKita, Magetan – Hari Sumpah Pemuda diperingati oleh bangsa Indonesia pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Lahirnya Sumpah Pemuda tidak lepas dari penyelenggaraan Kongres Pemuda yang digelar pada 27 dan 28 Oktober 1928.

Kongres pemuda kedua ditutup pada 28 Oktober 1928 dan menghasilkan rumusan. Para pemuda yang hadir menyebut rumusan tersebut sebagai Sumpah Pemuda.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 93 kali ini mengambil tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

Bersatu artinya spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia. Bangkit bermakna pemuda sebagai spirit partisipasi kaum muda untuk bangkit melawan pandemi Covid-19. Sementara Tumbuh berarti upaya mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan pemuda.

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Magetan menggelar upacara yang diikuti oleh Bupati Magetan didampingi dengan Forkopimda dan OPD terkait bertempat di halaman kantor Pemda Magetan, Kamis, (28/10/2021).

Dalam sambutannya Bupati Magetan, Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. M.Si. menyampaikan bahwa Pemuda sebagai agen perubahan (agent of change) ialah sebuah fakta sejarah yang tidak bisa dihindari.

“Pemuda Indonesia selalu menjadi penentu momen penting perjalanan bangsa Indonesia. Momentum-momentum bersejarah penting dalam perjalanan bangsa Indonesia tersebut bisa dicapai dengan modal persatuan para pemuda di tengah berbagai keragaman yang dimiliki bangsa Indonesia.”Tutur Suprawoto.

Suprawoto menjelaskan pandemi yang belum usai diberbagai negara termasuk Indonesia tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tetapi mempengaruhi kondisi perekonomian, pendidikan, dan kehidupan sosial masyarakat.

“Bagi pemuda dimanapun khususnya di Kabupaten Magetan gunakan masa emas ini untuk kebaikan masa depan yang akan datang, tetap semangat meraih kesuksesan melawan pandemi covid-19 dan tetap kreatif untuk masa yang akan datang.” imbuhnya.

“Tentunya dimomentum Hari Sumpah Pemuda ini peran serta para pemudalah yang akan menentukan tumbuh kembangnya kemajuan bangsa.” Pungkasnya. (Red).

Check Also

Petani Bawang Merah Desa Jatirejo Rejoso Terancam Gagal Panen

Petani Bawang Merah Desa Jatirejo Rejoso Terancam Gagal Panen

SeputarKita, Nganjuk  — Sejak beberapa pekan terakhir petani bawang merah di Nganjuk, disibukkan dengan serangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *