Pemkab Magetan Launcing Mobil PCR, Selain Covid-19 Juga Bisa Deteksi Virus Lain


Magetan, Seputarkita – Sebagai bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten Magetan dalam percepatan penanganan virus corona atau Covid-19 yang kini tengah mewabah, Mobil container polymerase chain reaction (PCR) milik pemerintah daerah akhirnya dilaunching oleh Bupati Magetan Suprawoto di Pendopo Surya Graha, Sabtu (24/10/2020).

Mobil container laboratorium real-time PCR bsl-2 model lab trans dengan seri 35.20/03/20 ini rencananya mulai hari Senin 26 Oktober 2020 sudah bisa digunakan.

“Kalau kirim sampel ke laboratorium di Surabaya perlu empat sampai lima hari untuk mengetahui hasil swab test. Namun, dengan adanya mobil PCR ini cukup sekitar 4 jam hasilnya sudah keluar, jadi prosesnya lebih cepat,” ujar bupati.



Menariknya, alat laboratorium yang ada di dalam mobil container itu memiliki banyak fungsi. Sehingga tidak hanya untuk memeriksa Covid-19 saja, melainkan beberapa jenis virus lainnya. Atas dasar itu, Pemkab Magetan membeli mobil PCR dengan harga hampir empat miliar rupiah.

“Anggarannya dari APBD murni yang refocusing kemarin. Jika pandemi Covid-19 sudah hilang, mobil itu bisa digunakan untuk memeriksa TBC dan virus lainnya. Jadi tidak hanya sekali pakai,” jelas Suprawoto.

Dalam launching mobil PCR tersebut selain potong tumpeng, Bupati Magetan Suprawoto juga melakukan ritual memecahkan kendi di depan mobil, dan potong kembang melati. (Tris/Red)

Check Also

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar Pisah Sambut PJ Bupati OKU dari H Teddy Meilwansyah Ke Iqbal Alisyahbana

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar Pisah Sambut PJ Bupati OKU dari H Teddy Meilwansyah Ke Iqbal Alisyahbana

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar Pisah Sambut Penjabat Bupati dan PJ Ketua TP …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *