Rangkaian HUT Jatim Ke-74, Gubernur Khofifah Ziarah Makam Gubernur R Soerjo

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Magetan Suprawoto saat ziarah ke Makam Raden Mas Tumenggung Ario (RMTA) Soerjo

Magetan, Seputarkita – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, memimpin ziarah ke Makam Raden Mas Tumenggung Ario (RMTA) Soerjo alias Gubernur Suryo, gubernur pertama Provinsi Jawa Timur di tahun 1945 begitu Indonesia Merdeka. (11/10/2019)

Bersama Bupati Magetan Suprawoto dan pejabat Forkopimda Jatim, Khofifah memimpin penghormatan, mengheningkan cipta dan juga tabur bunga ke makam pahlawan nasional tersebut. “Beliau adalah gubernur pertama Jawa Timur maka, kita ziarah ke sini karena besok adalah HUT Jawa Timur ke 74. Kita semua diajarkan guru-guru kita bahwa sebagai bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya,” kata Khofifah.

Khofifah mengatakan, Gubernur Suryo selain sebagai pahlawan nasional juga merupakan peletak fondasi dan babad alasnya Jawa Timur. Menurut Khofifah, mengingat jasa para pahlawan yang telah menyumbangkan harta bahkan nyawa untuk kemajuan Bangsa Indonesia merupakan bentuk revolusi mental yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat ziarah ke Makam Raden Mas Tumenggung Ario (RMTA) Soerjo

“Revolusi mental itu ya seperti ini salah satunya. Kenali siapa yang berjasa pada proses pembangunan di negeri kita. Bagi waga Jawa Timur, tidak boleh tidak kenal Gubernur Suryo,” ucap Khofifah.

Sebagaimana diketahui, Gubernur Suryo dulu adalah pejuang yang menggerakkan perjuangan rakyat di zaman kemerdekaan. Bahkan saat pertempuran Surabaya, Gubernur Suryo bersama Bung Tomo menggelorakan semangat perjuangan hingga kemudian dikenal dengan pertempuran 10 Nopember. Dia juga dianugerahi gelar pahlawan nasional.

“Atas dedikasi dan pengorbanan beliau yang sudah teruji beliau mendapatkan gelar sebagai pahlawan nasional. Maka bagi saya revolusi mental itu ya seperti ini contohnya,” kata Khofifah. “Kenali siapa yang berjasa pada proses pembangunan di negeri kita dan bagi warga Jawa Timur tidak boleh tidak kenal Gubernur Suryo,” tegas gubernur perempuan pertama Jawa Timur itu.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat memberikan keterangan kepada awak media

Dalam kesempatan itu, Khofifah meminta pada Bupati Magetan agar anak-anak yang mengikuti proses belajar mengajar di Magetan dan sekitarnya,mereka juga diajak untuk ziarah ke makam Gubernur Suryo.

“Saya ingin anak-anak mengenali bagaimana beratnya perjuangan membangun Jawa Timur sampai bisa maju seperti ini,” tegasnya.

Saat berziarah Khofifah sempat menitikkan air mata di makam Gubernur pertama Jawa Timur, Suryo di Jalan Salak, Kabupaten Magetan. (Red)

Check Also

Bupati Mansur Hidayat Serahkan 7.384 Stel Seragam Sekolah

Bupati Mansur Hidayat Serahkan 7.384 Stel Seragam Sekolah

  SeputarKita, Pemalang – Bupati Pemalang Mansur Hidayat tidak mau ada siswa siswi yang hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *