Ubah Sampah Jadi Solusi, Bank Sampah Dompong (BSD) Dikunjungi Dirjen Pemberdayaan Sosial Kemensos RI


Seputar Kita, Magetan – Masalah sampah banyak dipandang sebelah mata, karena dianggap sesuatu yang tidak bermanfaat dan kotor, sehingga menjadi masalah karena menimbulkan gangguan kesehatan,bau dan banyak lagi.

Dengan adanya Permasalahan terkait sampah maka timbul ide dari Karang Taruna Desa Bogoarum, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan untuk ikut menyelesaikan permasalahan terkait sampah ini, maka dibentuklah Bank sampah Dompong Desa Bogoarum dengan pengolahan sampah non organik ,Yaitu memilah dan mengolah sampah seperti plastik, kertas, dan lain lain, untuk di jadikan kerajinan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat .

Atas Prestasinya, Bank sampah Desa Bogoarum mendapat Kunjungan dari Dirjen Pemberdayaan Sosial Kemensos RI, yang disambut langsung oleh Dinsos Kabupaten Magetan, Pengurus karang Taruna Kabupaten Magetan, serta Pemerintah Desa Bogoarum. Bertempat di Sekretariat Bank Sampah Dompong (BSD) Desa Bogoarum. Sabtu, (20/11/2021).

Sulistiyono Pembina Bank Sampah Dompong (BSD) sekaligus perwakilan Karang Taruna Bogoarum menyampaikan, bahwa Visi Misi Bank Sampah Dompong Desa Bogoarum adalah untuk mewujudkan bank sampah yang mandiri dan membangun ekonomi kerakyatan serta lingkungan yang bersih dan hijau sehingga tercipta masyarakat yang sehat. Dengan tujuan mendidik dan membudayakan pengurangan sampah di tingkat masyarakat sekaligus mengambil manfaat ekonomis dari kegiatan ini.

“Beberapa kegiatan dari bank sampah yang tertuang dalam program kerja diantaranya Sampah untuk Gizi, sampah untuk tabungan lansia, Sampah untuk Balita, sampah untuk anak sekolah, dan sampah untuk santunan anak yatim piatu.” Terang Sulis.

“Saya berharap apa yang di lakukan Karang Taruna Bogoarum lewat Bank Sampahnya ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Bogarum dan sekitarnya. Tentunya dukungan semua pihak kami harapkan baik pemerintah Desa,Pemerintah kabupaten Maupun masyarakat Desa Bogoarum Sendiri.”Lanjutnya.

Dede Nudin perwakilan Dirjen Pemberdayaan Sosial Kemensos RI sangat mengapresiasi yang dilakukan Karang Taruna Bogoarum

“Kami sangat mengapresiasi upaya inisiatif yang dilakukan Karang Taruna Bogoarum, kegiatan yang luar biasa dimana sampah yang sebelumnya menjadi masalah kini diubah menjadi solusi.”Ujarnya.

“Inovasinya sangat kentara, apalagi program sampah jadi tabungan balita, sampah jadi tabungan emas, sampah melibatkan adik – adik sekolah, sampah menjadi kas OSIS. Ini mewujudkan bahwa sesuatu yang kita pikir menjadi persoalan kini menjadi jalan keluar, seharusnya ini diangkat luas ke level yang lebih tinggi. Ditularkan ke desa lain, kecamatan lain, kabupaten lain, provinsi lain, bahkan ke tingkat nasional. dengan maksud ya mungkin ditempat lain ada kegiatan sama yang penghasilan ekonominya lebih baik.” Terangnya.

Kami dari Dinsos melakukan kegiatan ini sebagai bentuk monitoring kegiatan Karang Taruna yang akan didorong untuk mengikuti lomba Karang Taruna tingkat nasional yang akan di umumkan saat hari Kesetiakawanan Nasional. Waktu gongnya tanggal 20 Desember, Karang Taruna Bogoarum bisa menjadi juaranya.” Pungkasnya. (G.Tris).

Check Also

DPC PDI Perjuangan Magetan Rapatkan Barisan Siap Menangkan Pilkada 2024

DPC PDI Perjuangan Magetan Rapatkan Barisan Siap Menangkan Pilkada 2024

  SeputarKita, Magetan – DPC PDI Perjuangan Magetan menggelar rapat kerja cabang diperluas di wisma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *