Dorong Ekonomi Kreatif Ketua TP PKK Ponorogo Sri Wahyuni Lakukan Pelatihan Pembuatan Tempe Di Desa Galak

Ketua TP PKK Ponorogo Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni saat di Desa Galak

Ponorogo, harianseputarkita – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) disejumlah desa di Kecamatan Slahung. Salah satunya mengunjungi dan melakukan pelatihan, pembinaan serta pemberdayaan kepada PKK Desa Galak, yakni pelatihan pembuatan tempe di balai Desa setempat, Selasa (5/3).

Dalam kunjungan kerja (kunker) tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo, Hj. Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni, S. Sos datang bersama Dinas PMD, Dinas Perdakum, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Bappeda dan Litbang, serta BPPKAD yang didampingi Forpinka Kecamatan Slahung beserta staf.

Ketua TP PKK Ponorogo Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni menunjukkan produk olahan makanan pembuatan tempe Desa Galak bersama kader PKk dan Camat Slahung Imam Rohni

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo, Hj. Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni, S.Sos menyampaikan bahwa, pihaknya bersama rombongan melakukan kunjungan kerja (Kunker) kesejumlah desa-desa di Kecamatan Slahung, dalam rangka silaturahmi dan melakukan pembinaan, pelatihan maupun penyuluhan yang berhubungan dengan 10 Progam Pokok PKK.

“Selain itu, juga untuk menggali potensi yang ada di Desa dengan pelatihan, pembinaan dan pemberdayaan dengan mendorong pertumbuhan dan membangkitkan ekonomi kreatif berbasis produk unggulan, One Village One Produk, satu desa satu produk. Seperti di Desa Galak ini, yakni pengolah makanan keledai menjadi tempe. Yang warga masyarakat di sini semua ternyata bisa membuat tempe, “kata Sri Wahyuni.

Sri Wahyuni juga merupakan istri Bupati Ponorogo Drs Ipong Muchlissoni menambahkan, pelatihan pembuatan tempe ini, merupakan salah satu bentuk pelatihan dan pemberdayaan kepada PKK Desa Galak dan warga negara setempat. Sebab di Desa Galak sendiri, memiliki produk unggulan dari warga masyarakatnya adalah olahan makanan tempe.

“Maka, kita berupaya memberikan pelatihan, pembinaan, pemberdayaan dan mendorong serta memfasilitasi kepada PKK Desa Galak bersama warga masyarakat dalam pembuatan tempe tersebut. Harapannya kedepan, produk unggulan tersebut bisa dijadikan wirausaha, yang dapat menjadi sumber ekonomi bagi lingkungannya dengan pembekalan kemampuan untuk berwirausaha melalui pemberdayaan yang dilakukan TP PKK Desa Galak setempat, “imbuh Sri Wahyuni.

Ketua TP PKK Ponorogo Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni bersama kader PKK Desa Galak, Camat Slahung Imam Rohni dan Kades Galak Zainal Arifin

Sementara itu, Kepala Desa Galak Zaenal Arifin mengatakan, atas nama Pemerintah Desa dan warga masyarakat Desa Galak mengucapkan banyak terima kasih dan merupakan suatu kehormatan serta kebanggaan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo sudi berkunjung ke desanya. Pelatihan pembuatan tempe ini sendiri, merupakan salah satu bentuk upaya pemberdayaan PKK Desa Galak mengembangkan potensi produk unggulan dari warga masyarakat sendiri.

“Dengan pelatihan, pembina dan pemberdayaan pembuatan tempe dari Ketua TP PKK Kabupaten Ibu Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni ini, diharapkan para ibu-ibu, bisa berkreasi, berusaha, mengembangkan ekonomi di rumah dan bisa menjadi sumber ekonomi bagi keluarga dan lingkungannya. Semoga melalui PKK dapat nantinya menfasilitasi dan memberikan bantuan agar mereka para ibu-ibu Desa Galak lebih maju dan berkembang guna peningkatan perekonomian warga masyarakat Desa Galak, “tutur Kades Galak Zaenal Arifin.(adv/sul)

Check Also

Istirahat Siang, Buruh Panen Asal Madiun Tewas di Magetan

Istirahat Siang, Buruh Panen Asal Madiun Tewas di Magetan

  SeputarKita, Magetan – Sukarmanto (45) seorang buruh panen padi asal Desa Lembah, Kecamatan Dolopo, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *