Setelah Ekskavasi, Banyak Temuan Barang Purba di Situs Sendang Sumberbeji

Sarif Hidayatullah, Ketua Paguyuban Sumberbeji saat penggalian situs purbakala Sendang Sumberbeji

Jombang, Seputarkita – Setelah proses ekskavasi di situs sendang Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Ngoro, Jombang, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur di Trowulan menemukan cukup banyak benda purbakala yang merupakan fragmen dari struktur petirtaan (pemandian kuno).

Dengan ditemukannya lebih banyak fragmen dan benda purbakala di situs tersebut, BPCB memperoleh gambaran lebih lebih lengkap atas temuan struktur petirtaan di situs tersebut.

Benda-benda purbakala tersebut digali petugas dibantu paguyuban Sumberbeji secara manual. Benda-benda purbakala itu terkubur di dasar sendang, bercampur lumpur.

Ekskavasi yang merupakan tahap pertama yang dimulai 9 September menemukan berbagai benda purbakala yang membentuk struktur bangunan atas hingga bawah, secara keseluruhan memperlihatkan struktur pertirtaan secara lebih komplet.

Antara lain ditemukan lagi tiga jaladwara (pancuran air), sehingga total jaladwara yang ditemukan menjadi empat buah.

Arca Garuda yang ditemukan di situs Sendang Sumberbeji

Sarif Hidayatullah, ketua paguyuban Sumberbeji mengatakan, dimensi situs ini, di tengah bangunan utama ukuran 6,5 x 6,5 meter. Di sini dijumpai empat jaladwara dari batu andhesit.

 “Sedangkan struktur dinding membentang dari utara ke selatan ukuran 8 meter kali 1,2 meter, ketinggian 1,7 meter,” ujar sarif. Minggu (29/9/2019).

Struktur bangunan ini berada di sebelah utara. Ada petirtaan di sisi utara dan barat, bata relief, sejumlah jaladwara, lantai dasar dan saluran buang di sisi timur laut hingga tembikar.

Sarif menambahkan, ditemukan pula dinding yang membentang dari sisi timur ke barat sepanjang sekitar 10 meter dengan tinggi sekitar satu meter.

“Tebalnya mencapai 80 centimeter, dua dinding ini terhubung sehingga membentuk sudut siku,” tambahnya.

Bahkan, pada Jumat (20/9/2019) sore, juga ditemukan fragmen bata yang menggambarkan kala atau bathara kala yang diperkirakan berasal dari bangunan tengah petirtaan yang membentuk meru atau gunung atau miniatur candi.

Sementara, di sisi barat ditemukan satu buah jaladwara berbahan dasar batu andhesit berkepala naga.

“Sedangkan lantai batu bata di sisi timur laut lebarnya mencapai 60 sentimeter,  kedalaman satu meter ditemukan dengan bantuan alat berat,” pungkasnya. (Agus)

Check Also

DPC PDI Perjuangan Magetan Rapatkan Barisan Siap Menangkan Pilkada 2024

DPC PDI Perjuangan Magetan Rapatkan Barisan Siap Menangkan Pilkada 2024

  SeputarKita, Magetan – DPC PDI Perjuangan Magetan menggelar rapat kerja cabang diperluas di wisma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *