Bupati Magetan Panen Raya Melon di Kampung Tangguh Semeru Desa Klagen


SeputarKita, Magetan – Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprowoto, SH. M.Si melakukan panen raya melon di lahan agribisnis hortikultura komoditas melon kampung tangguh Semeru Desa Klagen, Kecamatan Barat, Magetan. Rabu (17 Maret 2021).

Dalam panen raya tersebut Bupati Magetan didampingi Kepala Dinas TPHPKP, Camat Barat, Kepala Desa Klagen, Forkopimca dan Gapoktan.

Lahan seluas kurang lebih 3 hektare ini adalah lahan bengkok Kades Klagen, lahan ini tidak pernah ditanami padi, hanya ditanami tebu nonstop seperti yang disampaikan oleh salah satu pengelola lahan, Subandi.

“Saya berinovasi merubah lahan yang tidak mungkin jadi mungkin, yakni ditanami melon. Hampir setahun panen ke 4x. Saya ingin berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk warga sekitar, dengan adanya melon ini mereka tidak perlu keluar kampung, bisa bekerja dilahan setempat “jelasnya.⁣

Adapun jenis melon yang ditanam adalah melon daging putih Barata dan Manika sebanyak 130rb batang, ditanam secara estafet agar penjualan tidak terkendala. Lahan tersebut digarap dengan memberdayakan warga setempat, sebanyak 40 ibu-ibu dan 15 orang bapak-bapak bekerja setiap hari dengan imbalan upah.⁣

Bupati Magetan Suprawoto dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Magetan memang perlu inovasi yang luar biasa. Seperti Desa Klagen saat ini, yang awalnya tidak mungkin bisa ditanami buah melon justru menuai keberhasilan panen melon untuk ke 4 kalinya.

“Saya yakin semua orang mampu untuk berinovasi, tergantung tekad kita bagaimana untuk terus mewujudkannya” jelasnya.

Bupati juga mengapresiasi panen raya ini. Dengan adanya inovasi yang berkontribusi untuk Desa Klagen dimana jika inovasi seperti itu ditularkan kesemua masyarakat diharapkan mampu mengangkat roda perekonomian masyarakat sekitar.

“Jika hal tersebut ditularkan kesemua masyarakat setempat mungkin setiap minggu melon diarea sini dapat dipanen sehingga suplai melon dimasyarakat bisa terkendali, harga terjaga dan stok cukup. Sehingga petani di Magetan dapat merasakan manfaat profesi petani melon lebih menjajikan jika ditekuni” tegas Suprawoto. (Tris)

Check Also

Hebooh.! Oknum ASN Pemkab OKU Dilaporkan ke Bawaslu, Langgar Netralitas

Hebooh.! Oknum ASN Pemkab OKU Dilaporkan ke Bawaslu, Langgar Netralitas

SeputraKita,OKU (SUMSEL)- Kampanyekan salah satu pasangan calon Bupati OKU, NS Oknum ASN di Lingkungan Pemkab …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *