Gubernur Jatim Khofifah Tinjau Lokasi Bencana di Magetan


SeputarKita, Magetan – Hujan deras yang terjadi beberapa hari ini menimbulkan bencana dibeberapa wilayah yang ada di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang didampingi Bupati Magetan beserta OPD terkait melakukan peninjauan beberapa lokasi yang terkena bencana. Kamis (18/03/2021)

Lokasi bencana yang terjadi di Kabupaten Magetan ini meliputi Kecamatan Kawedanan, Jembatan Bogem – Kentangan serta Kecamatan Nguntoronadi.

Kerusakan jembatan yang terjadi kali ini sangat mendesak, karena dampaknya sangat besar, terutama bagi rumah yang lokasinya berdekatan dengan jembatan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah juga sudah melakukan koordinasi dengan Bupati Magetan, Balai Besar Bengawan Solo, Bidang Cipta Karya Pemprov Jatim untuk mengatasi permasalahan ini.

Dalam kunjungannya Gubernur Jawa timur khofifah juga menyerahkan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang terdampak.

Memang kita sudah dapat warning dari BMKG soal hydro metrologi, dengan hal ini banyak yang terdampak di berbagai Provinsi bahkan di Provinsi Jawa Timur. Seperti di Magetan sini banyak tanggul, jalan bahkan jembatan penghubung desa pun ada yang rusak akibat tergerusnya air dari luapan sungai, Oleh karena itu kita banyak melakukan berbagai hal untuk mengatasi hal itu seperti normalisasi sungai, pembersihan sampah-sampah hingga perbaikan matrialnya.”Tutur Khofifah

“Kebutuhan untuk melakukan normalisasi tidak sekedar pengerukan akan tetapi juga plengsengan, sebelum plengsengan bisa di siapkan intermedianya lewat bronjong. Tadi saya juga sudah berkoordinasi dengan Bupati, Balai Besar Bengawan Solo, Bidang Cipta karya, Bina Marga dari Pemprov dan yang lainya untuk mengatasi permaslahan ini, serta akan mengundang team untuk memberikan masukan apakah konsumsinya ini baik, sehingga hanya perlu menambah format supaya ini semua segera di maksimalkan untuk membangun koneksifitas warga.”imbuhnya

Khofifah pada kesempatan tersebut meminta agar warga terus berhati-hati, terlebih ketika hujan deras dan air sungai kembali meluap.

“Kami berharap masyarakat untuk bersabar, kami akan segera mengambil langkah untuk membangun kembali kedua akses jembatan tersebut sehingga bisa dimanfaatkan kembali oleh masyarakat,”pungkasnya. (Tris)

Check Also

Kepala Desa (Kades) Belimbing Kecamatan Peninjauan Kabupaten OKU angkat bicara Terkait Masalah Netralitas dan Cabut Bantuan Warga

Kepala Desa (Kades) Belimbing Kecamatan Peninjauan Kabupaten OKU angkat bicara Terkait Masalah Netralitas dan Cabut Bantuan Warga

SeputarKita,OKU ( SUMSEL)-Tudingan masalah netralitas hingga akan mencabut bantuan warga yang tidak sejalan, Yusman Kepala …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *