Dua LSM Nganjuk Kritisi Pemadatan Lahan Oleh PT. TMKI

 

SeputarKita, Nganjuk – Terkait dengan adanya pembangunan pabrik yang akan dibangun di Desa Mlorah, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk menuai protes para pegiat aktifis anti korupsi yang tergabung dalam Salam Lima Jari serta LSM GAKK.

Yuliana Margaretha atau biasa dipanggil Yulma selaku Ketua LSM Salam Lima Jari didampingi Sumarno, Ketua LSM GAKK Nganjuk dilokasi proyek yang sekarang masih dalam proses pemadatan dan pengurukan tanah, setelah dimenangkan oleh perusahaan PT. TMKI menganggap proyek tersebut tidak berpihak kepada masyarakat lokal nganjuk.

“Pembangunan pabrik tersebut mementingkan golongan dari luar Nganjuk, dan terlihat jika tidak ada semangat lokal, seperti yang dijelaskan berpihak ke Investor material dan jasa dari luar Nganjuk. Tutur Yulma.

“Secara Normatif seharusnya Investor lokal lebih diutamakan dibandingkan Investor luar daerah, karena hal itu dapat membuktikan bahwa memiliki semangat lokal,” lanjutnya.

 

Menurut Yulma, proyek pabrik alas sepatu (New Era) yang akan dibangun di Desa Mlorah, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk dapat lolos karena diduga ada keterlibatan oknum militer. Serta, Yulma juga menyebutkan beberapa nama oknum yang terlibat dalam pengerjaan proyek pemadatan tanah uruk yang dikerjakan oleh PT. TMKI untuk nantinya di bangun pabrik alas sepatu (New Era).

“Pada saat waktu saya tanyakan Kadesnya, ternyata di loloskan oleh Kepala Desa, dimana diri ya menyatakan permisi bahwa dirinya (kades) tidak menerima apapun, tapi karena ini ada pesan – pesan sponsor yaitu dengan bekingan petinggi militer di Nganjuk, antaranya bernama Mega dari luar daerah dan Marno yang saya tidak tahu, kira-kira pensiunan berbau militer seperti itu” beber Yulma.

Yulma menegaskan, untuk kepala desa agar menarik kembali kata – katanya serta jika tidak, permasalahan akan dilanjutkan.

“Pak kades, tarik lagi ucapanmu, apabila tidak, perkara ini akan berlanjut, karena kamu tidak memperhatikan semangat lokal, dengan mengedepankan konten – konten lokal, akane jadi masalah untuk dirimu,” pungkasnya. (NT).

Check Also

BPN Ponorogo Serahkan Sertifikat Elektronik PTSL Kepada Warga Sawoo

BPN Ponorogo Serahkan Sertifikat Elektronik PTSL Kepada Warga Sawoo

  SeputarKita, Ponorogo – ATR/BPN Kabupaten Ponorogo bersama Pemerintah Desa Sawoo Kecamatan Sawoo menyerahkan sertifikat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *