Rapat Paripurna Istimewa, DPRD Magetan Sampaikan Keputusan Tentang Rekomendasi LKPJ Bupati Magetan Tahun Anggaran 2020.


SeputarKita, Magetan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magetan menggelar Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Magetan Tahun 2021 dengan agenda Penyampaian keputusan DPRD tentang rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Magetan Tahun Anggaran 2020.

Bertempat di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Magetan Jl.Pahlawan, No.1, Magetan Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Magetan H. Sujatno, SE, MM, dan diikuti sekitar 30 orang. Jumat, (30/04/2021)

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Magetan Dr. Drs Suprawoto, SH. MSI., Wakil Bupati Magetan Dra.Hj.Nanik Endang Rusminiarti,MPd., Ketua DPRD Kabupaten Magetan, H. Sujatno, SE, MM., Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magetan, dr. Pangajoman, M.M., Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magetan, Suratman, S. P., Forkopimda Magetan, Perwakilan OPD dan Anggota DPRD Kabupaten Magetan.

Ketua DPRD Kabupaten Magetan H. Sujatno, SE, MM saat membuka rapat menyampaikan, dari jumlah anggota DPRD Magetan sebanyak 45 orang anggota, yang hadir dalam rapat kali ini 25 anggota dewan dan anggota 2 dewan mengikuti secara virtual,sehingga sudah memenuhi forum rapat dan syah utk melaksanakan rapat.

Ketua Pansus, Ir. Hari Gitoyo membacakan keputusan DPRD Kabupaten Magetan tentang rekomendasi LKPJ Bupati Magetan Tahun 2020, Perbaikan peraturan daerah, peraturan strategis kepala daerah pembahasan dan atas pelaksanaan tahun ke 2 (dua) rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Magetan tahun 2018 – 2023, dimana tahun merupakan tahun selesainya tersebut peletakan dasar program dan kegiatan daerah untuk pemantapan.

Pemberlakuan kebijakan pembatasan sosial untuk mencegah semakin meluasnya Covid-19, mempengaruhi kinerja pemerintah, dan sepanjang tahun 2020 tersebut perekonomian dilaporkan terkontraks, pengangguran meningkat dan tingkat kesejahteraan masyarakat menurun.

Secara garis besar dokumen LKPJ 2020 telah menyajikan data dan informasi yang terjadi dalam pelaksanaan pembangunan selama tahun 2020,data BPS Jawa Timur Tahun 2020 dilaporkan kabupaten Magetan tumbuh minus 1,64% tingkat pengangguran bertambah sebesar 0,76% menjadi 3,74% dan angka kemiskinan meningkat 0,74% menjadi 10,35%.

Analisis LKPJ Bupati ruang lingkup Magetan tahun 2020 meliputi Capaian indikator makro ekonomi dan sosial daerah, Kinerja keuangan daerah, Capaian indikator, kinerja tujuan dan sasaran misi daerah dan Capaian SPM pada urusan wajib.

Percepatan terciptanya kekebalan kelompok masyarakat Kabupaten Magetan pada akhir 2021 dengan Vaksinasi bagi kelompok rentan dan pelayanan publik serta pekerja ekonomi.

Untuk percepatan pemulihan ekonomi, Pemerintah daerah segera mengidentifikasikan perekonomian akibat Covid 19 kepada kategori terdampak agar tepat sasaran.

Meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan dengan adanya Covid 19 sekolah merubah tatap muka menjadi daring dan ini akan mempengaruhi kualitas pendidikan. Pemerintah harus merencanakan kebijakan sekolah tatap muka kembali.

Penunjang IPM meningkatkan pelayanan kesehatan di massa pandemi covid 19 terbukti bahwa negara yang tingkat kematian tinggi adalah penyakit yang tidak menular seperti Diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, jantung, stroke dan lain -lain dapat dicegah dengan gaya hidup sehat.

Kita mendatangkan limbah pabrik Ajinomoto, pupuk cair dan berkaitan dengan hal ini panitia khusus merekomendasikan agar dalam mengatasi persoalan limbah peternakan di kampung susu lawu dan yang lain agar memperhatikan keterpaduan dengan bidang lain yaitu perkebunan dan pertanian. Karena dengan sentuhan yang sederhana limbah peternakan ini akan sangat bermanfaat dan dibutuhkan untuk usaha budidaya pertanian maupun perkebunan.

Ketua Pansus juga memberikan beberapa catatan penting untuk Pemerintah Kabupaten Magetan,

1. Meningkatkan kualitas penyelengaaran dan pelayanan publik yg efektif dan efisien.
2. Meningkatkan giat investasi kinerja.
3. Pemberdayaan serta perlindungan pasar tradisional.
4. Indek pertanahan rata2 masa panen dan tanam dlm satu th dg lahan yg sama.
5. Bidang peternakan salah satu persoalan limbah.

Sementara Bupati Magetan Dr. Drs Suprawoto, SH. MSI. Dalam sambutannya Mengucakan terima kasih atas penyampaian keputusan DPRD tentang rekomendasi LKPJ Bupati Magetan T.A 2020,

“LKPJ oleh Pemerintah Kabupaten Magetan kepada DPRD merupakan rencana kerja daerah Tahun 2020, dan hasilnya sudah dicapai Tahun 2020 dan harus diakui banyak kekurangan dalam pelaksanaanya.” Tutur Bupati.

“DPRD merupakan mitra kerja yang baik dengan pemerintah Daerah dalam rangka membangun dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Magetan.” Pungkasnya. (Red).

Check Also

Bupati Ponorogo Hadiri Festival Tengah Sawah Di Desa Tanjungrejo

Bupati Ponorogo Hadiri Festival Tengah Sawah Di Desa Tanjungrejo

  SeputarKita, Ponorogo – Warga Dukuh Genggong Desa Tanjungrejo, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo menggelar acara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *