Wujud Syukur dan Lestarikan Budaya. Pemdes Wedani Gelar sedekah Bumi

 

SeputarKita, Gresik – Ratusan masyarakat Desa wedani Kecamatan cerme menggelar Istighosah dan doa bersama warga desa gelar sedekah bumi. Acara yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya ini berlangsung di bale desa wedani, Sabtu(21/09/2024) pagi.

Dalam tradisi ini, masyarakat Desa wedani membawa hasil bumi berupa makanan, buah-buahan hingga sayuran untuk dibawa ke lokasi kegiatan dan di makan bersama wujud syukur yang di berikan oleh sang Pencipta.

Acara tersebut menjadi istimewa karna warga berduyun-duyun datang ke bale desa untuk istighosah dan doa bersam-sama keselamatan desa wedani dari segala cobaan yang bertepatan bulan maulid nabi besar muhammad SAW, turut hadir Umar Hasyim camat, Akp Andik kaplsek, kapten infanteri Toyib Dananramil cerme dan BPD, toko Agama serta masyarakat desa wedani.

Kepala Desa Wedani Hadi Sanjaya, mengatakan, sedekah bumi merupakan salah satu wujud rasa syukur masyarakat atas nikmat yang telah diberikan oleh Sang Pencipta.

Hadi menjelaskan, tradisi sedekah bumi ini salah satu peninggalan leluhur dalam rangka mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Tuhan dan bentuk gotong-royong warga Wedani.

Dengan demikian, pihaknya berupaya meneruskan Kearifan Lokal yang ada di desanya tersebut, seperti sedekah bumi dan di gambarkan dalam budaya kehidupan sehari-hari.

“Kami juga memberikan edukasi kepada generasi muda tentang budaya lokal yang ada. Yang memang syarat dengan unsur-unsur ke gotong-royongan, persatuan dan rasa syukur,” Hadi kepala desa wedani titip pesan kepada warganya untuk terhindar dari judi online, kenakalan remaja serta pernikahan dini demi nama baik desa, dan dalam waktu dekat ada sosialisasi terkait itu semua,” lanjutnya. (In).

Check Also

Tim Gabungan Satreskoba Polres Sampang Amankan Pengedar Narkoba Antar Kota dengan BB Sabu 74,39 Gram

Tim Gabungan Satreskoba Polres Sampang Amankan Pengedar Narkoba Antar Kota dengan BB Sabu 74,39 Gram

  SeputarKita, Sampang – Satuan Reserse Narkotika bersama personel gabungan Polsek Sekobanah, Polres Sampang, Jawa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *