BPN Nganjuk Gelar Penyuluhan GEMAPATAS dan PTSL

 

SeputarKita, Nganjuk – Dalam rangka percepatan kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Kantor Pertanahan Kabupaten Nganjuk melaksanakan Kegiatan GEMAPATAS (Gerakan Masyarakat Pemasangan Patok Batas) bertempat di balai desa Jatirejo, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk. Selasa, (6/8/2024).

Dalam keguatan tersebut, Tim dari Kantor Pertanahan ATR/BPN Nganjuk didampingi anggota dari Kejaksaan dan Polres Nganjuk dengan peserta ratusan warga desa Jatirejo.

Suprapti selaku narasumber dari BPN Nganjuk menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisir konflik hak atas tanah antara pemilik dengan tetangga yang berbatasan.

“Pemasangan tanda batas tanah (patok) merupakan hal penting untuk mengetahui batas kepemilikan atas suatu bidang tanah. Selain itu, pemasangan patok juga berguna untuk memudahkan petugas dari ATR/BPN ketika melakukan pengukuran.” Tuturnya.

 

Warga sangat antusias dengan adanya penyuluhan tersebut dan berharap semoga di tahun 2025 desa Jatirejo bisa masuk dan terdaftar sebagai desa yang mendapatkan PTSL di tahun 2025 yang telah dianggarkan oleh APBN.

Kepala Desa Jatirejo Supandi, SH menuturkan, warganya akan sangat terbantu dan bersyukur bisa menikmati program unggulan pemerintah tersebut.

“Karena kalau melaksanakan secara mandiri biayanya banyak, dengan adanya PTSL tentunya warga sangat terbantu.” Ujarnya.

“Hasil penyuluhan yang dipaparkan BPN hari ini, program PTSL gratis tanpa dipungut biaya, dan masyarakat diminta melengkapi berkas sesuai dengan prosedur dan aturan hukum.” Tutupnya.

Sementara itu, Raden narasumber yang mewakili kejaksaan menjelaskan, kalau tujuan melengkapi berkas sesuai aturan hukum supaya dikemudian hari tidak terjadi gugatan yang dapat merugikan masyarakat itu sendiri. (NT).

Check Also

Tim Gabungan Satreskoba Polres Sampang Amankan Pengedar Narkoba Antar Kota dengan BB Sabu 74,39 Gram

Tim Gabungan Satreskoba Polres Sampang Amankan Pengedar Narkoba Antar Kota dengan BB Sabu 74,39 Gram

  SeputarKita, Sampang – Satuan Reserse Narkotika bersama personel gabungan Polsek Sekobanah, Polres Sampang, Jawa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *