Tingkatkan Kamseltibcar Lantas Polres Madiun Segera Mengaplikasikan Incar ( Integrated Node Capture Attitude Record)


SeputarKita, Madiun – Tim Ditlantas Polda Jatim yang dipimpin Wadirlantas Polda Jatim AKBP Didit Bambang Wibowo hari ini Selasa (22/6/2021) melaksanakan asistensi ke Satlantas jajaran Korwil V Madiun untuk mengecek langsung kesiapan pengoperasionalan inovasi mobil canggih INCAR (Integrated Node Capture Attitude Record).

Mobil INCAR merupakan inovasi Ditlantas Polda Jatim. INCAR merupakan pengembangan dari ETLE dimana ETLE bersifat statis terpasang di suatu tempat saja. Sedangkan INCAR bersifat dinamis digunakan untuk mobile dan dapat dibawa kemana-mana sesuai kebutuhan. INCAR merupakan peralatan khusus yang dibuat untuk membantu tugas anggota Polantas dalam menertibkan pelanggar lalu lintas di jalan, yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mendeteksi beberapa parameter object detection, serta penggunaan Artificial Inteligen (AI) untuk pemprosesannya.

Ada 5 fitur yang terpasang pada mobil canggih INCAR diantaranya fitur Global Position System (GPS), ETLE, Speed Gun, Face Recognition dan Automatic Number Plate Recognition. 5 fitur tersebut mempunyai fungsi yang berbeda diantaranya mendeteksi wajah pengguna jalan dan mencocokan dengan data SIM serta dengan data E-KTP, identifikasi kendaraan bermotor, identifikasi nomor kendaraan, identifikasi jenis kendaraan. Selain itu fitur tersebut juga dapat mengidentifikasi pelanggaran lalu lintas seperti penggunaan helm, pelanggaran rambu, melawan arus, sabuk keselamatan dan batas kecepatan.

Kasat Lantas Polres Madiun AKP Ari Bayuaji menerangkan, Satlantas Polres Madiun saat ini sudah memiliki mobil INCAR dan siap untuk di operasionalkan.

“Mobil canggih INCAR akan berkeliling di seluruh wilayah Kabupaten Madiun, pelanggaran lalu lintas akan otomatis tercapture, data yang di capture akan langsung dikirimkan ke posko Back Office INCAR untuk dilakukan verifikasi. Hasil verifikasi akan dilakukan pembuatan surat konfirmasi dan dikirimkan ke alamat pelanggar,” terang Ari.

Ari berharap seluruh pelanggaran lalu lintas di ruas jalan yang belum terpasang ETLE bisa tercover dengan keberadaan INCAR, sehingga bisa menekan angka laka lantas di Kabupaten Madiun.(Den)

Check Also

Kepala Desa (Kades) Belimbing Kecamatan Peninjauan Kabupaten OKU angkat bicara Terkait Masalah Netralitas dan Cabut Bantuan Warga

Kepala Desa (Kades) Belimbing Kecamatan Peninjauan Kabupaten OKU angkat bicara Terkait Masalah Netralitas dan Cabut Bantuan Warga

SeputarKita,OKU ( SUMSEL)-Tudingan masalah netralitas hingga akan mencabut bantuan warga yang tidak sejalan, Yusman Kepala …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *