Bakesbangpol Magetan Deteksi Dini Kerawanan Masa Kampanye Pilkada 2024

 

SeputarKita, Magetan – Tahapan Pilkada Magetan 2024 sudah memasuki masa kampanye, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik atau Bakesbangpol Magetan menggelar Rapat Koordinasi Tim Kewaspadaan Dini Daerah, Rabu, (25/09/2024).

Bertempat di ruang rapat Harmada Joglo, rapat tersebut dihadiri sebanyak 50 orang dari beberapa stakeholder.

Menurut Dandun Widya Kusuma, S.STP., M.M Kabid Kewaspadaan Dini Kesbangpol Magetan, tujuan Rakor adalah dalam rangka menjaga stabilitas, melindungi, serta memberikan rasa aman kepada masyarakat di Magetan.

“Ada beberapa poin yang berlu didiskusikan, untuk menjaga kondusifitas di Kabupaten Magetan saat kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024,” jelas Dandun.

Menurutnya potensi kerawanan selama tahapan kampanye adalah, Pelanggaran, Kemacetan dan Laka Lantas. Rusuh masa/Sabotase/ Teror. Kampanye tidak sesuai jadwal waktu dan tempat. Perusakan atribut kampanye dan Konflik antar pendukung calon.

 

Ditempat yang sama, Yok Sujarwadi, S.STP, Plh. Kepala Bakesbangpol Magetan menjelaskan terkait menjaga kondusifits untuk pemilu damai 2024, Bakesbangpol Magetan melakukan deteksi dini dan pemetaan potensi stabilitas yang mempengaruhi dinamika politik lokal.

“Kita akan melakukan pendekatan Sosio-Kultural, meningkatkan komunikasi dengan Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat maupun Tokoh Agama. Selain itu dengan memberikan pendidikan politik dan budaya untuk elemen masyarakat. ” Jelasnya.

“Selain itu kita akan lebih intensif melakukan komunikasi dengan penyelenggara Pemilu dan aparat keamanan sampai tahapan Pilkada berakhir. Kita juga ada Tim Siber yang berupaya mendeteksi potensi kerawanan yang disebar luaskan melalui media sosial maupun media mainstream lainnya.” Ujarnya.

Harapannya dengan kegiatan ini mampu memberikan peran  peran positif dalam menjaga Kewaspadaan Dini dan rekomendasi kepada Forkopimda dalam mengambil suatu kebijakan dalam rangka stabilitas daerah yang aman dan kondusif. (ND)

Check Also

Angkat bicara “Relawan Prabowo-Gibran, Jangan Rusak Demokrasi, Kami Sosialisasikan Program Presiden Terpilih dan Paslon Bertaji”

Angkat bicara “Relawan Prabowo-Gibran, Jangan Rusak Demokrasi, Kami Sosialisasikan Program Presiden Terpilih dan Paslon Bertaji”

SeputarKita,OKU (SUMSEL)- Kejadian yang terjadi di Desa Tanjung Baru pada Rabu (16/10/2024), ada oknum warga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *