Dalam Rangka Bersih Desa, Pemdes Tumpak Pelem Gelar Wayang Kulit

 

SeputarKita, Ponorogo – Dalam rangka memperingati semarak bersih desa, Pemdes TumpakPelem Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo menggelar serangkaian kegiatan dengan menyuguhkan kesenian adat, kebudayaan dan keagamaan.

Mulai dari lomba kebersihan lingkungan antar RT, jalan sehat, aneka lomba (Tartil Alquran, Adzan, sholat, tarik tambang dan bakiah khusus ibu-ibu).

Kemudian istighosah, pagelaran seni budaya tiga grup kesenian reog dan jaran thek serta sebagai penutup yakni pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Cahyo Kuntadi, dengan bintang tamu Apri-Mimin dengan lakon Sesaji Raja Suya.

Kepala Desa TumpakPelem Atik Sumiati menyampaikan bahwa, beragam rangkaian dari kegiatan ini dalam rangka semarak bersih desa yang digelar sebagai agenda rutin 2 tahunan oleh Pemdes TumpakPelem. Selain sudah tradisi turun temurun, juga merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas agar selalu diberikan keberkahan, keselamatan, terhindar dari segala wabah maupun bencana bagi seluruh warga Desa Tumpak Pelem.

“Dan malam ini adalah pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Cahyo Kuntadi sebagai penutup sebagai puncak acara semarak bersih desa TumpakPelem yang mulai dilaksanakan tanggal 15 Mei 2024 kemarin, “kata Atik Sumiati, Selasa (21/5).

Atik Sumiati menambahkan, acara semarak bersih desa tahun 2024 ini agak sedikit berbeda dan lebih berwarna dari tahun sebelumnya karena dilaksanakan kurang lebih satu minggu. Kegiatan bersih desa ini sudah mencakup semua bidang, yaitu bidang pemerintahan desa, pemberdayaan dan pembinaan masyarakat, dan juga pembangunan desa.

“Terimakasih kepada semua pihak baik lembaga pemerintahan desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama, para donatur serta antusias warga atas partisipasinya yang luar biasa dalam acara bersih desa ini sehingga acara berjalan lancar. Dan semoga dengan bersih desa ini membawa keberkahan tersendiri bagi Desa Tumpak Pelem, “pungkasnya.(hd)

Check Also

Bupati Ponorogo Hadiri Festival Tengah Sawah Di Desa Tanjungrejo

Bupati Ponorogo Hadiri Festival Tengah Sawah Di Desa Tanjungrejo

  SeputarKita, Ponorogo – Warga Dukuh Genggong Desa Tanjungrejo, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo menggelar acara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *