Bupati Ponorogo Bersama Kepala BPN Serahkan Sertifikat PTSL Kepada Warga Desa Trisono

 

SeputarKita, Ponorogo – Pemkab Ponorogo menyerahkan sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) warga Desa Trisono, Kecamatan Babadan.

Dalam penyerahan sertifikat tanah tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Ponorogo Kang Sugiri Sancoko bersama Kepala Kantor Pertanahan Ponorogo (BPN) Arinaldi di balai Desa Trisono, Jum’at (7/7/23).

Kepala Kantor Pertanahan (BPN) Ponorogo Arinaldi menyampaikan bahwa, sebanyak 113 sertifikat tanah yang diserahkan kepada warga merupakan bagian dari 1.500 sertifikat bidang tanah di Desa Trisono Kecamatan Babadan.

“Sisanya yang saat ini sedang diproses Kantor Pertanahan Ponorogo dan akan diberikan secara bertahap. Untuk Desa Trisono mendapat jatah 2.989 sertifikat. Namun, yang sudah didaftarkan untuk diproses masih sekitar 1.500 bidang tanah pada progam PTSL tahun 2023, “ujar Arinaldi.

Arinaldi menambahkan, pihaknya meminta kepada masyarakat yang belum mendaftarkan bidang tanahnya untuk segera menindaklanjutinya. Sebab, dengan didaftarkannya bidang tanah pada program PTSL ini, masyarakat akan mendapat berbagai manfaat.

“Kami hadir disini untuk memberi pemahaman bahwa pentingnya tanah tersebut disertifikatkan. Yakni untuk memberikan jaminan kepastian hukum terhadap hak pendataan, untuk mengurangi sengketa konflik pertanahan dan untuk modal apabila dibutuhkan, “imbuhnya.

Bupati Ponorogo Kang Sugiri Sancoko mengatakan, pihaknya berharap kepada masyarakat untuk segera melengkapi berkas agar program PTSL terus berjalan di Kabupaten Ponorogo.

“Jika warga terkendala biaya proses PTSL, kita bersama perangkat desa akan berupaya mencari solusi terbaik. Untuk itu, saya mohon kepala desa untuk bisa ditalangi dulu dan dibayar belakang bagi yang kurang mampu. Tapi ya jangan semuanya, harus ada koordinasi yang baik. Saya pikir dengan gotong royong dan semangat berjuang maka akan selesai, “kata Bupati Ponorogo.

Sementara itu, Kades Trisono Misni mengucapkan banyak terima kasih kepada BPN dan Pemkab Ponorogo atas suksesnya program PTSL di desanya.

“Harapannya dengan program PTSL ini maka warga Desa Trisono menjadi ayem tentrem, damai dan tertib tidak ada lagi persengketaan soal tanah kedepannya, karena telah bersertifikat, “pungkasnya.(hd)

Check Also

Bupati Ponorogo Hadiri Festival Tengah Sawah Di Desa Tanjungrejo

Bupati Ponorogo Hadiri Festival Tengah Sawah Di Desa Tanjungrejo

  SeputarKita, Ponorogo – Warga Dukuh Genggong Desa Tanjungrejo, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo menggelar acara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *