Bulan Ramadhan, BINDA Jatim Bersama Dinkes Dan Kemenag Magetan Gelar Vaksinasi Serentak Di Lima Kecamatan


SeputarKita, Magetan – Kementerian Agama Kabupaten Magetan tetap menyelenggarakan kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum selama Ramadhan 1443 Hijriah agar upaya percepatan pembentukan kekebalan tubuh dari penularan virus Covid -19.

Dengan mengambil tema “Sukseskan Penyelenggaraan Satu Juta Vaksin”, Pemerintah Daerah bersama Dinas Kesehatan, Kemenag Kabupaten Magetan dan BINDA Jatim menyelenggarakan Vaksin tahap ke 2 dan ke 3 (Booster) pada bulan Ramadhan, serentak di 5 kecamatan. Bertempat di Masjid Akhlakul Karimah kecamatan Sidorejo, di Masjid Riyadul Janah Kecamatan Maospati, di MTSN 5 Magetan Kecamatan Panekan, di MIN 1 Magetan Kecamatan Takeran dan di MTSN 8 Magetan Kecamatan Lembeyan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, dr. Rohmat Hidayat mengatakan, Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Bulan Puasa itu telah dikoordinasikan dengan Dinkes agar meminta semua puskesmas memberikan pelayanan vaksinasi bagi masyarakat yang belum divaksin.

“Jadi di Bulan Ramadhan, kita Dinas Kesehatan tetap menyelenggarakan vaksinasi dan ketersediaan vaksin kita cukup, untuk masyarakat Magetan dan Alhamdulillah kita selalu bekerjasama dengan instansi instansi pemerintah yang ada di kabupaten Magetan semuanya bertujuan untuk kesehatan warga Magetan apalagi ini sebentar lagi liburan Hari Raya idul Fitri 1443 H akan ketemu saudara atau famili yang sudah dua lebaran ngk bisa lebaran bersama,” tuturnya.

Sementara itu, Muttakin. M.Ag selaku kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Magetan dalam pembukaan vaksinasi serentak tersebut menyampaikan ucapan terima kasih apresiasi penghargaan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan vaksin di bulan Ramadan ini.

“Semoga amal kebaikan mendapatkan ganjaran dan pahala berlipat dari Allah subhanahu wa ta’ala.” Harapnya.

Ditemui terpisah, dr.Ari Wibawa, selaku Plt. Kepala Puskesmas Panekan menuturkan, sebagai tenaga Kesehatan selalu siap menjalankan tugas meskipun sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

“Tekad dan semangat kami sebagai nakes Panekan selalu siap menjalankan tugas vaksinasi Kapan dan dimana pun demi meningkatnya imunitas masyarakat Magetan khususnya Kecamatan Panekan dalam menghadapi pandemi Covid 19,” tegasnya.

Senada dengan Plt. Kepala Puskesmas Panekan, Dr.Agus Prasetyo selaku Kepala Puskesmas Takeran mengaku pihaknya siap bekerjasama dengan pihak manapun untuk mensukseskan vaksinasi meskipun di bulan Ramadhan.

“Meski pun umat Islam saat ini sedang menjalankan puasa Ramadan, namun demikian berdasarkan fatwa MUI bahwasanya vaksinasi tidak membatalkan puasa. Maka kami selaku tenaga medis atau tenaga kesehatan Puskesmas Takeran, Magetan siap bekerjasama dengan pihak manapun termasuk BINDA Jatim menggelar aksi vaksinasi selama bulan Ramadhan. Semua itu demi kesehatan masyarakat khususnya dalam menghadapi pandemi Covid 19.” Pungkasnya. (Red/Har).

Check Also

Petani Bawang Merah Desa Jatirejo Rejoso Terancam Gagal Panen

Petani Bawang Merah Desa Jatirejo Rejoso Terancam Gagal Panen

SeputarKita, Nganjuk  — Sejak beberapa pekan terakhir petani bawang merah di Nganjuk, disibukkan dengan serangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *