Jaga dan Lestarikan Peninggalan Sejarah, Bupati Suprawoto Ikuti Ngonthel Jelajah Budaya dan Bazar UMKM 2022

Bupati Magetan Suprawoto saat Ngonthel Jelajah Budaya

SeputarKita, Magetan – Guna mempererat tali silaturahmi dan menjaga kelestarian peninggalan sejarah yang ada di wilayah Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, Komunitas Abdi Maospati Mataraman (AMM) bersama sejumlah Komunitas yang ada di Maospatii menggandeng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan menggelar kegiatan Onthel Jelajah budaya dan UMKM 2022.

Dengan tema “Bersama Kita Jaga Warisan Budaya Bangsa,” kegiatan tersebut dihadiri Bupati Magetan Dr. Drs Suprawoto, SH. MSI, Forkopimda Kabupaten Magetan, sejumlah kepala OPD, Forkopimca Maospati, Kepala Kelurahan dan LPM Kelurahan Maospati serta komunitas onthel dari wilayah sekitar Magetan. Minggu, (16/01/2022).

Kegiatan diawali Ngonthel atau Gowes bareng Bupati Magetan dengan rute Start Distrik Maospati – Desa Pesu – Desa Ngujung dan finish di Situs Prasasti Sendang Kamal Kelurahan Kraton yang disambut dengan bazar UMKM 2022.

Singgah disalah satu peninggalan sejarah

Dalam Sambutannya Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, SH, M.Si. mengajak semua untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan peninggalan sejarah yang sudah ada.

“Kita semua selalu ingat dengan apa yang kita laksanakan, kita akan bangga bila alam kita dan peninggalan sejarah ini selalu indah dan lestari. Kelestarian Wilayah Kecamatan Maospati ini sebagai tolak ukur keindahan yg ada di desa masing-masing.” Ujar Bupati.

“Penghijauan yang kita laksanakan untuk mensterilkan lingkungan agar polusi udara dapat diserap oleh tumbuhan yg berada di sekitar kita. Semakin banyak penghijauan, udara yang kita hirup akan menjadi bersi selain itu pohon rindang yang ada disekitar Sendang Kamal ini bisa menampung debit air didalam tanah ketika musim kemarau.” terangnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan peresmian Mushola yang ada dilokasi Situs Prasasti Sendang Kamal, Kelurahan Kraton.

Ditempat yang sama, Sesepuh Abdi Maospati Mataraman, H. Imam Yudhianto S, SH., SE., MM., mengucapkan Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan ini.

“Alhamdulillah wasyukurillah kegiatan kita Onthel Budaya dan Gelar UMKM hari ini telah berjalan lancar dan sukses atas semata-mata ridho dan pertolongan Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Atas nama pribadi dan komunitas budaya Abdi Maospati Mataraman, Saya mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Bapak Bupati Magetan, Bapak Dandim, Bapak Kapolres Magetan, Bapak Kadin Parawisata Magetan, Ibu Camat Maospati, Bapak / Ibu Kades / Lurah se Kecamatan Maospati, Pimpinan Puskesmas Ngujung dan Maospati, segenap panitia, pimpinan dan anggota komunitas / paguyuban dan seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam terselenggaranya onthel budaya tahun 2022 ini. “Ucapnya.

“Saya secara pribadi dan juga komunitas AMM, memohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan yang mungkin telah membuat panjenengan semua tidak nyaman selama perjalanan menyiapkan acara ini sampai selesainya pada siang hari ini. Semoga upaya kita mengedukasi masyarakat untuk kembali pada jati diri bangsa melalui budaya, dan penguatan ekonomi lokal dapat terus lestari dan mendapatkan balasan pahala yang sempurna dan berlipat-lipat. Aamiin Allohumma aamiin.” Lanjut Imam.

“Bismillah, dengan Budaya kita jelang kebangkitan dan kemandirian bangsa. Salam Budaya.” Pungkasnya. (Tris).

Check Also

Petani Bawang Merah Desa Jatirejo Rejoso Terancam Gagal Panen

Petani Bawang Merah Desa Jatirejo Rejoso Terancam Gagal Panen

SeputarKita, Nganjuk  — Sejak beberapa pekan terakhir petani bawang merah di Nganjuk, disibukkan dengan serangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *