Diguyur Hujan Intensitas Tinggi, Kabupaten Jember Terendam Banjir


SeputarKita, Jember – Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan meluapnya air sungai di samping Perumahan Bumi Mangli Permai, Jember, Minggu (09/01/2022) sore.

Luapan air sungai tersebut otomatis merendam perumahan tersebut hingga setinggi lutut orang dewasa. Derasnya air banjir bahkan menyeret sejumlah mobil yang sedang diparkir di pinggir jalan perumahan.

Video derasnya air banjir yang menghanyutkan mobil warga tersebut viral di sejumlah WhatsApp grup.

“Kami sampaikan kondisi banjir di RT 4 RW 13 Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates, kondisinya cukup parah, air sudah di atas dada orang dewasa. Mohon dihubungi Basarnas terimakasih,” ucap seorang warga dalam video yang tersebar itu.

Sekretaris BPBD Jember Heru Widagdo menyampaikan, kondisi terparah memang terjadi di perumahan Bumi Mangli Permai. Di samping itu, sejumlah daerah tersebar di Kecamatan Kaliwates, Mangli serta Sumbersari juga terendam banjir.

“Ada beberapa titik lokasi banjir, kami sedang menyebar melakukan penyelamatan,” ungkap Heru.

Banjir juga merendam jalan nasional tepatnya di Jalan Hayam Wuruk, Kaliwates Jember, sehingga menyebabkan lalu lintas berhenti total.

Bupati Jember Terjun Langsung Pantau Banjir, Selang satu jam setelah terjadi banjir, Bupati Jember Hendy Siswanto didampingi OPD terkait terjun langsung meninjau lokasi terparah terdampak banjir di perumahan Bumi Mangli Permai.

“Sejak siang tadi saya sudah memonitor situasi melalui tim dari BPBD yang terus memberikan laporan. Karena itu saya langsung putuskan untuk terjun ke lapangan melihat kondisi secara langsung dan memastikan warga yang terdampak segera mendapat pertolongan,” kata Bupati Hendy saat meninjau lokasi banjir di Bumi Mangli Permai dan Mangli Residence.

Selain memeriksa kondisi beberapa titik sungai dan pintu air, Bupati Hendy juga memerintahkan BPBD dan seluruh instansi terkait untuk melakukan penanganan dampak banjir dengan cepat.

Bupati Hendy menekankan kepada BPBD Jember untuk segera melakukan persiapan yang menyeluruh terkait mitigasi bencana, terutama alur evakuasi di daerah-daerah rawan bencana.

“Saya minta warga Jember untuk selalu waspada, siapkan langkah-langkah antisipasi terutama bagi warga yang bermukim di daerah rawan banjir dan bencana lainnya,” imbaunya.

Tak lupa Bupati Hendy berterima kepada netizen yang telah aktif berperan mengabarkan kondisi di lingkungannya masing-masing. (FTR).

Check Also

DPD LIRA Bersama KJJT Magetan Kunjungi Dan Silaturrahmi Ke Panti Asuhan Magetan

DPD LIRA Bersama KJJT Magetan Kunjungi Dan Silaturrahmi Ke Panti Asuhan Magetan

  SeputarKita, Magetan – DPD LIRA berkolaborasi bersama Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) mengunjungi Panti …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *