Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Tirtosari Di Desa Ngancar, Dinas PUPR Magetan Gelar Sosialisasi


SeputarKita, Magetan – Guna memenuhi pasokan kebutuhan listrik masyarakat yang terus meningkat dan pengembangan potensi wisata Sarangan, Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) berencana akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) di Wisata Air Terjun Tirtosari, Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan.

Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) adalah teknologi yang memanfaatkan debit air untuk menggerakkan turbin yang akan menghasilkan energi mekanik. Selanjutnya, energi mekanik ini menggerakkan generator dan menghasilkan listrik.

Rencana Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Tirtosari di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan ini sudah masuk tahap sosialisasi kepada warga sekitar. Selasa, (26/10/2021).

Dengan menerapkan protokol Kesehatan, puluhan warga Desa Ngancar yang tanahnya berbatasaan dengan Bangunan Bendung Tirtosari diundang dalam kegiatan sosialisasi tersebut.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Magetan, Yuli K. Iswahyudi ST.MT mengatakan, Kondisi wilayah Kabupaten Magetan merupakan daerah perbukitan dan pegunungan, sehingga banyak terdapat aliran air dari cekungan-cekungan pegunungan tersebut. Melihat potensi tersebut Bupati Magetan mengamanahkan Bidang SDA, Dinas PUPR Magetan untuk membangun PLTMH.

“Ini adalah amanah bapak Bupati Magetan untuk membangun PLTMH, yang mana energi listriknya dibangkitkan dari air terjun Tirtosari Desa Ngancar.” Tuturnya.

“Pertama kita akan bangun Bendung Tirtosari sebagai jalur masuknya air ke kolam penenang, lalu dilanjut dipipanisasi sampai dengan rumah turbin yang posisinya di atas tanah pengairan, atau tepatnya yang berada diatas Dam Ngluweng.” Lanjut Yuli.

Yuli menegaskan, untuk membangkitkan energi listrik dimaksud, tidak ada air yang terbuang, karena buangan aliran air dari rumah turbin tetap masuk ke Dam Ngluweng, sehingga aliran air ke Telaga Sarangan dan aliran ke Dam – Dam selanjutnya yang berada dibawah Dam Ngluweng tidak tidak akan terganggu sama sekali.

“Selain itu, manfaat listrik dari PLTMH nantinya untuk penerangan jalan wisata ke arah Air Terjun Tirtosari, juga membantu petani bila malam hari kocor air (mengairi) untuk lahan-lahan tanamannya.”Pungkas Yuli. (Nry)

Check Also

Bupati Ponorogo Hadiri Festival Tengah Sawah Di Desa Tanjungrejo

Bupati Ponorogo Hadiri Festival Tengah Sawah Di Desa Tanjungrejo

  SeputarKita, Ponorogo – Warga Dukuh Genggong Desa Tanjungrejo, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo menggelar acara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *