Apel Gelar Pasukan OPS Lilin Semeru 2021 di Kabupaten Magetan


SeputarKita, Magetan – Untuk pengecekan akhir persiapan pasukan dalam rangka pengamanan Natal tahun 2021 dan tahun baru 2022. Polres Magetan menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2021 di Alon-alon Magetan, Kamis (23/12/2021).

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2021 dihadiri oleh Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, SH., M.Si., Kapolres Magetan AKBP Yakhob Sivalna Delareskha, Letkol Inf Ismulyono Triwidodo, S.I.P Komandan Kodim 0804/Magetan, Ely Rahmawati, SH, MM, MH Kepala Kejaksaan Negeri Kab. Magetan, dari Pengadilan Negeri Magetan, Pengadilan Agama Magetan, Perwakilan POM AU lanud Iswahjudi, Satpol PP, Dishub Magetan dan Dinkes.

Bupati Suprawoto mengungkapkan, apel gelar pasukan operasi lilin semeru ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia, tidak hanya di Magetan. Bupati menyampaikan amanat dari Kapolri supaya harus menyiapkan diri untuk melayani masyarakat ketika menghadapi Nataru nanti.

“Seperti yang ditekankan oleh bapak Kapolri, untuk tetap waspada. sebab itu kami mengumpulkan apel gelar pasukan termasuk elemen masyarakat, mulai dari Satpol PP, Dishub, Dinkes, BPBD, TNI dan Polri,” ujar Suprawoto.

Yang pertama kerumunan Harus dihindari, protokol kesehatan diantaranya kerumunan kapasitas juga kita kurangi, yang biasanya 100% menjadi 75%,

“Walaupun PPKM level 1 di Magetan, Kami menghimbau masyarakat sebaiknya merayakan di rumah saja, toh juga tidak mengurangi substansi terhadap perayaan Nataru,” tutup Suprawoto.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyematan pita tanda operasi Lilin Semeru tahun 2021 oleh perwakilan dari POM AD, Satlantas Polres Magetan dan Dishub.

Ditempat yang sama, Kapolres Magetan AKBP Yakhob Sivalna Delareskha menyampaikan, petugas akan melakukan tindakan preemtif dan preventif selama melaksanakan Operasi Lilin Semeru 2021.

“Kita telah dirikan ada 8 titik Pospam, di rest area tol kita punya 2 pospam, lainya ada di Cemarosewu, Sarangan, dan Alun-alun. Jumlah personel yang akan diturunkan pada Operasi Lilin Semeru adalah 600 personel.

“Kita tidak akan melakukan penyekatan dan meminta kendaraan putar balik. Yang kita ketatkan adalah tempat-tempat wisata,” Lanjutnya.

Sementara itu, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0804/Magetan, Letkol Inf Ismulyono Tri Widodo, S.I.P. menyatakan siap mendukung agenda Polri yang menyelenggarakan Operasi Lilin 2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari mulai Jumat (2412/2021) sampai Minggu (2/1/2022).

”Kita mendukung yang dilaksanakan oleh Polri. Termasuk hari ini, ini dalam rangka menjamin rekan-rekan kita yang beragama nasrani untuk melaksanakan natal. Kemudian pelaksanaan pengamanan juga dalam rangka tahun baru 2022,” ujar Dandim.

Dandim mengungkapkan penekanan pengamanan tahun ini adalah mencegah terjadinya klaster baru dan masuknya varian baru omicron.

“Penekanan dari pimpinan panglima TNI adalah bagaimana cara kita mensosialisasikan ke jajaran agar liburan Natal dan tahun baru bisa diawasi dan diantisipasi. Karena di Jakarta sudah ada yang terkapar omicron jangan sampai masuk ke kabupaten Magetan,” pungkasnya. (G.Tris).

Check Also

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar Pisah Sambut PJ Bupati OKU dari H Teddy Meilwansyah Ke Iqbal Alisyahbana

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar Pisah Sambut PJ Bupati OKU dari H Teddy Meilwansyah Ke Iqbal Alisyahbana

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar Pisah Sambut Penjabat Bupati dan PJ Ketua TP …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *