Laboratorium RSDS Terima Penghargaan Nilai Penuh, Program PME Pemeriksaan PCR Covid-19

Sertifikat penghargaan uji Profisiensi Pemantapan Mutu Ekternal Covid-19


SeputarKita, Magetan – Mengacu pada ketentuan Nomor HK.01.07/MENKES/4642/2021 tentang Laboratorium jejaring pemeriksa Covid-19, untuk menjamin mutu kualitas layanan jejaring laboratorium pemeriksa Covid-19, setiap laboratorium yang tergabung wajib dilakukan penilaian kegiatan mutu pemeriksaan melalui keikutsertaan Pemantapan Mutu Eksternal (PME) berupa uji validasi dan Uji Profisiensi tes PCR yang diselenggarakan oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) melalui Laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Uji Validasi dilakukan dengan mengirimkan 30 sampel pemeriksaan PCR yang telah diperiksa untuk dikonfirmasi ketepatan pemeriksaan tersebut.

Laboratorium dinyatakan lulus apabila mendapatkan nilai lebih dari 90% uji konfirmasi/ validasi, selanjutnya diwajibkan mengikuti Pemantapan Mutu Eksternal (PME) uji profisiensi yang dilakukan secara periodik sesuai ketentuan WHO berkala 2 kali dalam satu tahun.

Saat ini RSUD dr Sayidiman (RSDS ) Magetan telah mendapatkan sertifikat penghargaan uji Profisiensi Pemantapan Mutu Ekternal COVID-19 siklus 1 dan 2 tahun 2021 dengan nilai penuh yang berarti mempunyai kesesuaian 100%.

Sertifikat penghargaan uji Profisiensi Pemantapan Mutu Ekternal Covid-19


Ketika ditemui dikantornya, dr. Dinne Fitria, SpPK, selaku Kepala Instalasi Laboratorium RSUD dr. Sayidiman Magetan mengatakan, program PME laboratorium ini tidak hanya dijalankan untuk menilai mutu pemeriksaan Covid-19, namun juga dijalankan pada mutu bidang lain yang telah rutin diikuti oleh laboratotium RSDS. Selasa, (23/11/2021).

“Selain Pemeriksaan Covid-19 bidang lain yang telah rutin diikuti yaitu bidang hematologi, urinalisis, kimia klinik, imunologi, mikrobiologi dan parasitologi yang diselenggarakan oleh pelaksana dari Kemenkes melalui Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK), organisasi profesi maupun lembaga independen lainnya.” Terang dr. Dinne.

Dokter Spesialis Patologi ini menambahkan, Laboratorium RSUD dr. Sayidiman setiap tahun cakupan bidang yang diikutkan program PME semakin banyak, dan laboratorium RSDS akan selalu berkomitmen menjaga mutu layanan dengan menjalankan pedoman tata kelola laboratorium yang baik dan benar (Good Laboratory Practice) sesuai ketentuan yang berlaku. (Red).

Check Also

SMPN 2 Sine Mengucapkan Dirgahayu Kemerdekaan RI Ke -79

SMPN 2 Sine Mengucapkan Dirgahayu Kemerdekaan RI Ke -79

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *