Rangkaian Hari Jadi Magetan Ke-346, Pemkab Magetan Bagi Sembako di Jalur Ngupatan


SeputarKita, Magetan – Dalam serangkaian Peringatan hari jadi ke-346 Kabupaten Magetan, Pemerintah Kabupaten Magetan mengadakan Napak Tilas Ngupatan (Ngunut-Parang-Magetan). Senin, (04/10/2021).

Karena masih dalam situasi Pandemi Covid-19, maka pelaksanaan Napak Tilas ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Napak Tilas tahun ini meskipun tidak digelar secara massal tapi untuk pemberian bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu di beberapa tempat yang menjadi rute Napak Tilas tetap dilaksanakan.

Napak tilas Ngupatan (Ngunut-Parang-Magetan) kali ini dilaksanakan dengan pembagian sembako ke warga di lima titik desa sepanjang jalur Ngunut Parang Magetan.

Diawali dengan penyerahan bantuan sembako ke warga Desa Ngunut dilanjutkan ke warga Parang berlokasi di Koramil Parang. Lanjut ke warga Joketro berlokasi di kantor desa, Desa Ngariboyo, dan terakhir warga Magetan yang diserahkan di Kantor Disnaker Magetan.

Bupati Magetan Suprawoto menuturkan, karena saat ini masih dalam kondisi pandemi covid-19 pelaksanaan Napak Tilas Ngupatan (Ngunut, Parang, Magetan) tidak dilakukan seperti biasanya yang mengadakan gerak jalan baik beregu maupun perorangan. Namun untuk tahun ini digantikan dengan membagi sembako ke warga yang tidak mengurangi arti dari substansi dari napak tilas tersebut.

“Napak tilas ini sebetulnya suatu refleksi ke masa lalu dengan seberapa jauh kita dalam menjalankan amanah dari pendahulu kita,” terang Bupati.

Yang mana pada masa itu para pamong praja, aparat baik TNI dan Polri yang pada saat itu bahu-membahu melawan Belanda hingga menyingkir sampai di Desa Ngunut. Hal ini supaya pemerintahan agar bisa tetap berjalan.

“Negara Republik Indonesia hingga saat ini masih tetap tegak berdiri dan itu adalah upaya untuk memberikan kepercayaan kepada dunia internasional bahwa negara republik Indonesia ini masih tegak berdiri,” jelas Bupati Magetan.

Suprawoto juga menjelaskan, karena saat ini masyarakat masih dalam masa sulit dengan situasi pandemi untuk itu napak tilas di tahun ini digantikan dengan membagikan sembako kepada masyarakat meskipun tidak membantu seutuhnya tapi minimal bisa meringankan beban warga. (Red).

Check Also

DPD LIRA Bersama KJJT Magetan Kunjungi Dan Silaturrahmi Ke Panti Asuhan Magetan

DPD LIRA Bersama KJJT Magetan Kunjungi Dan Silaturrahmi Ke Panti Asuhan Magetan

  SeputarKita, Magetan – DPD LIRA berkolaborasi bersama Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) mengunjungi Panti …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *