Direktorat SMP Pantau ANBK Di Kota Madiun

SeputarKita,Madiun – perwakilan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi memantau langsung pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang SMP di Kota Madiun. Rabu 6/10)

Tim Teknis Direktorat SMP Kemendikbudristek melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) di sekolah SMPN 1 Kota Madiun yang terletak di Jalan Kartini tersebut.

“Ada empat sekolah yang kami kunjungi. Selain SMPN 1 ada SMPN 3, SMPN 13, dan satu sekolah swasta,” tutur Subhan Febrianto, perwakilan Direktorat SMP Kemendikbudristek.

ANBK merupakan penilaian yang dilakukan pemerintah pusat sebagai pengganti Ujian Nasional (UN). Tujuannya, untuk mentransformasi kualitas pembelajaran di Indonesia. ANBK juga merupakan salah satu program prioritas bagian dari Merdeka Belajar.

Ada empat poin penilaian dalam ANBK. Yakni, Literasi, Survei Karakter, Numerasi, dan Survei Lingkungan Belajar. Kuesioner ini ditujukan bagi Dinas Pendidikan, kepala sekolah, guru, dan siswa.

Sementara itu, Kasi Kurikulum, Muatan Lokal, Pembinaan Bahasa dan Sastra Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Kota Madiun Henrykus Titis Sunarno mengungkapkan bahwa ANBK akan berlangsung dua hari. Yakni, 6-7 Oktober 2021.

“Harapannya, ANBK Kota Madiun bisa mencapai hasil yang memuaskan serta menjadi motivasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah,” pungkasnya.(Den)

Check Also

Upacara Peringatan HUT RI ke 79 Kepala Desa Batumarta 2 Wardi menjadi inspektur upacara di desa Batumarta 2 Kecamatan Lubuk Raja

Upacara Peringatan HUT RI ke 79 Kepala Desa Batumarta 2 Wardi menjadi inspektur upacara di desa Batumarta 2 Kecamatan Lubuk Raja

SeputarKita,Baturaja (Sumatera Selatan)- Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke -79 Pemerintah  …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *