Antisipasi Kenakalan Ramaja, Karang Taruna Krida Muda Kencana Desa Malang Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan Yayuk Sri Rahayu, SE, saat memberikan materi kenakalan Remaja


SeputarKita, Magetan – Kehidupan di era modern yang serba canggih ini membuat semua hal terasa lebih mudah dilakukan. Hanya berbekal tekhnologi, hampir semua hal bisa didapatkan, termasuk narkotika dan obat terlarang yang peredarannya semakin terselubung dan rentan dilakukan para remaja.

Dampaknya, tingginya angka penyalahgunaan narkoba pada remaja yang semakin membuat resah para orangtua. Pasalnya, bahaya narkoba menjadi ancaman yang sangat nyata.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Desa Malang memfasilitasi Karang Taruna Krida Muda Kencana Desa Malang untuk menggelar penyuluhan bahaya narkotika dan kenakalan remaja di Graha Cirro Stratus, Telaga Sarangan. Minggu (4/4/2021).

20 Orang Remaja dan 16 Orang pengurus Karang Taruna Krida Muda Kencana Desa Malang mendapat materi tentang Kenakalan remaja dari Yayuk Sri Rahayu, SE, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan dan penyuluhan bahaya narkotika dari AKP. Dodik Wibowo, SH, Kasat Resnarkoba Polres Magetan.

Kasat Resnarkoba Polres Magetan AKP. Dodik Wibowo, SH, saat memberikan penyuluhan bahaya narkoba

Dalam paparannya Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan Yayuk Sri Rahayu, SE, menjelaskan, Kenakalan remaja merupakan salah satu fenomena sosial yang sering ditemui di kalangan siswa atau pelajar. Fenomena ini pun dapat ditemui di berbagai negara termasuk Indonesia.

“Biasanya kenakalan remaja berkaitan dengan sikap atau tindakan menyimpang yang dilakukan oleh anak-anak usia remaja. Baik dilakukan di lingkungan rumah, sekolah, maupun masyarakat yang lebih luas.” Ucap Kadinsos.

“Kenakalan remaja ini pun mempunyai bentuk yang bermacam-macam. Misalnya seperti tindakan membolos sekolah, sengaja mengambil uang atau barang milik orang lain tanpa izin, terlibat dalam geng sekolah yang bentrok dengan sekolah lain, merundung teman di sekolah, atau juga membohongi orang tua untuk hal yang melanggar norma. Selain itu, kenakalan bersifat parah juga dapat berupa tindakan merokok, konsumsi minuman keras, seks bebas hingga penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh remaja.” Terangnya.

Sementara Kasat Resnarkoba Polres Magetan AKP. Dodik Wibowo, SH, memaparkan, penyalahgunaan narkoba sering terjadi di kalangan remaja. Katanya, coba-coba menjadi alasan utama, karena ingin membuktikan apakah dampak yang dirasakan benar seperti apa yang dikatakan. Pada akhirnya, mereka menjadi kecanduan, kesulitan untuk berhenti menggunakan dan melakukan apa saja demi mendapatkan stok cadangan, agar dampaknya bisa tetap dirasakan.

Inilah mengapa penting dilakukan sosialisasi atau penyuluhan terkait bahaya narkoba pada remaja di setiap daerah. Tidak hanya di daerah besar, wilayah kecil harus mendapatkan tindakan penyuluhan yang sama, agar pemahaman semua remaja di Indonesia tetap sama, bahwa narkoba tidak sebaiknya digunakan. Ada banyak ancaman di balik satu manfaat yang dirasakan.

Ditempat yang sama, Joko Santoso Ketua Karang Taruna Krida Muda Kencana Desa Malang mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Desa Malang dan Narasumber yang mendukung suksesnya acara tersebut.

“Acara penyuluhan bahaya narkotika dan kenakalan remaja dikemas dalam bentuk outbond agar peserta tidak jenuh dengan materi yang diberikan dan bisa semakin kompak dalam kegiatan positif yang dilakukan Karang Taruna Krida Muda Kencana Desa Malang”. Pungkasnya. (Red)

Check Also

Dianggarkan Ratusan Juta, Bangunan Pasar Desa Jatiroyom 3 Tahun Mangkrak Hingga Akhirnya Roboh

Dianggarkan Ratusan Juta, Bangunan Pasar Desa Jatiroyom 3 Tahun Mangkrak Hingga Akhirnya Roboh

  SeputarKita, Pemalang – Bangunan Pasar Desa di Desa Jatiroyom kecamatan Bodeh kabupaten Pemalang, yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *