Pemerintah Desa Gemarang, Ngawi, Mendapat Bantuan PAMSIMAS III

PAMSIMAS III Desa Gemarang


SeputarKita, Ngawi – Pemerintah Desa Gemarang, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi di bawah kepemimpinan Kepala Desa Sunarni, M.Pd mendapat bantuan PAMSIMAS III (Program Penyedia Air Minum dan Sanitasi berbasis Masyarakat III dari Dinas Perumahan rakyat dan kawasan permukiman kabupaten Ngawi.

Kepala Desa Gemarang, Sunarni, M.Pd yang dilantik tahun 2019 lalu, sebelumnya pernah menjabat sebagai kepala UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Padas selama 4 tahun dan UPTD kedunggalar selama 2 tahun mendapat bantuan PAMSIMAS III dengan nomor dipa: 033.05.1.631128/2020 yang dikerjakan oleh KKM (Kelompok Keswadayaan Masyarakat) Tirto Langgeng, Dusun Ponjen bertempat di RT. 001, RW 008 Dusun Ponjen, Desa Gemarang.

Kepala Desa Gemarang Sunarni M.Pd menjelaskan, Bantuan PAMSIMAS III ini diterima karena di Desa Gemarang langka akan air bersih.

“Total nilai pekerjaan Rp. 350.000.000,- dengan kontribusi dari iuran masyarakat (In Cash) sebesar Rp. 14.000.000,- dari gotong royong atau tenaga sebesar Rp. 56.000.000,- dari APBN sebesar Rp. 245.000.000,- sedangkan dari APBDes diambilkan dari DD (Dana Desa) sebesar Rp. 35.000.000,-.” Terangnya.

Kepala Desa Gemarang Sunarni M.Pd

“Semoga bantuan ini bermanfaat untuk masyarakat Desa Gemarang dan terus berlanjut kedepan,” harapnya.

KKM (Kelompok Keswadayaan Masyarakat) Tirto Langgeng Dusun Ponjen diketuai oleh Sugiyanto, warga RT. 002, RW 008 dan PAMSIMAS III dikerjakan selama 120 hari.

Sementara, Kepala Dusun Ponjen Aris Budianto juga menambahkan, Pengerjaan PAMSIMAS III ini merupakan swadaya mandiri yang dilaksanakan akhir tahun 2020 dan tahun 2021.

Kepala Dusun Ponjen Aris Budianto

“Sekarang sudah berjalan hampir 3 bulan, karena si Dusun Ponjen sering mengalami kekeringan apalagi dimusim kemarau. Sebelum ada PAMSIMAS dari dinas Perkim, waktu kekeringan lalu dibantu oleh relawan beberapa tangki air. Alhamdulillah sekarang sudah teratasi untuk RT. 001 dan RT. 002 di Dusun Ponjen,” jelasnya.

“Semoga kedepan bisa dibantu pembangunan PAMSIMAS selanjutnya dari Dinas Perkim karena seringnya kekeringan, agar Desa Gemarang seluruhnya bisa merata mendapatkan air bersih dan sanitasi yang layak untuk kesejahteraan masyarakat desa Gemarang.” Pungkasnya. (Kurnia/adv).

Check Also

Bupati Pemalang Luncurkan Studio On Air 2 LPPL Radio Swara Widuri 87,7 FM

Bupati Pemalang Luncurkan Studio On Air 2 LPPL Radio Swara Widuri 87,7 FM

  SeputarKita, Pemalang – Bupati Pemalang Mansur Hidayat secara resmi meluncurkan Studio On Air 2 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *