Jelang Nataru, Polres Magetan Gelar Rakor Kesiapan OPS Lilin Semeru



SeputarKita, Magetan – Dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021 di wilayah Kabupaten Magetan, Polres Magetan menggelar rapat Koordinasi Kesiapan Operasi Lilin semeru  2020 di Gedung Pesat Gatra Polres, Kamis (26 November 2020)

Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana, SIK, menyampaikan bahwa rakor lintas sektoral ini dilaksanakan sebagai langkah awal koordinasi lintas sektoral guna mempersiapkan digelarnya Operasi Lilin Semeru 2020 dalam rangka pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru.

Rakor ini sebagai langkah awal untuk mensinergikan semua instansi terkait sehingga dalam pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik dan masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun baru dengan rasa aman dan nyaman di masa pandemi covid 19.

“Dengan adanya kerjasama TNI-Polri, Pemerintah dan seluruh element masyarakat diharapkan akan dapat menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif pada perayaan Natal dan Tahun Baru tidak mengabaikan protokol kesehatan,”uajar Kapolres Festo.

Lanjutnya, operasi Lilin Semeru di laksanakan secara terpusat, oleh sebab itu pada kesempatan hari ini kita melaksanakan rapat kordinasi operasi Lilin Semeru bisa berjalan dengan lancar.

“Polri sebagai ujung tombak dengan di bantu oleh TNI dalam melaksanakan operasi Lilin Semeru untuk mengamankan umat Kristiani dan pengamanan menjelang  Tahun Baru atau memberikan keamanan bagi masyarakat yang akan melaksanakan libur akhir tahun di Kabupaten Magetan,walaupun libur bersama di tiadakan,”terang Festo.


Mari kita tetap semangat dalam melaksanakan operasi Lilin Semeru demi keberhasilan dalam melaksanakan tugas, kami dari pihak Polri akan berusaha jangan sampai ada kemacetan pada saat menjelang liburan akhir  Tahun, terutama di tempat Wisata Sarangan.

“Operasi Lilin Semeru akan di laksanakan selama 15 hari, pada Operasi Lilin di titik beratkan kepada keamanan, pengayoman, pencegahan dan Pada tanggal 25 puncak Natal dan nanti akan di lanjutkan pengamanan Tahun Baru. Operasi akan di Mulai tanggal 21 Desember 2020 s/d 14 Januari 2021,”ucapnya.

Kami akan menggelar anggota baik dari Polri maupun dari TNI pada 69 titik tempat ibadah di seluruh Kabupaten Magetan, yang akan melaksanakan ibadah Natal, untuk tempat wisata ada 9 titik jadi nanti untuk keamanan akan di maksimalkan.

“Untuk libur bersama Natal dan Tahun Baru akan di pangkas karena bersamaan dengan pandemi covid 19,agar wilayah kabupten Magetan terbebas dari penyebaran Covid 19,”terang Festo.

Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto SH, M.Si melalui Sekda kab Magetan Ir Hergunadi MT  mengatakan, Operasi Lilin Tahun ini tidak sama dengan tahun lalu oleh sebab itu mari kita laksanakan dengan sebaik – baiknya, karena tahun ini betepatan dengan pandemi covid 19.

“Himbauan kami bersamaan dengan musim penghujan harus di adakan pemetaan daerah daerah yang rawan bencana longsor di sinyalir tempat wisata yang ada di wilayah Kabupaten Magetan berada di daerah pegunungan. Laksanakan koordinasi dengan instansi terkait agar dalam pelaksanaan Natal dan Tahun Baru bisa kondusif,”ucap Hergunadi.

Kegiatan sektor fisik menumpuk di akhir tahun oleh sebab itu harus di waspadai karena di masa pandemi Covid 19 sangat resiko dalam penularannya.

“Tempat wisata lakukan kordinasi dengan pengelola agar dalam liburan Natal dan Tahun Baru tidak ada kendala, laksanakan protokol kesehatan agar pengunjuk terbebas dari penularan Covid 19,”pungkas Hergunadi. (Red)

Check Also

Penemuan Mayat Di Kebun Mangga Giripurno Kawedanan.

Penemuan Mayat Di Kebun Mangga Giripurno Kawedanan.

  SeputarKita, Magetan — Sesosok Mayat ditemukan warga di kebun mangga Dukuh Suci, Desa Giripurno, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *