Jelang Pilkada Polres Korwil V Latihan Dalmas Bersama

Kasat Brimob Polda Jatim Kombes Pol I Ketut Gede Wijatmika, Kapolres Ponorogo AKBP Mochamad Nur dan anggota saat latihan Dalmas bersama

Ponorogo, Seputarkita – Dalam rangka menghadapi kesiapan Pilkada 2020 maupun penganan unjuk rasa, ratusan anggota Polri jajaran Polres Korwil V melakukan latihan Pengdenalian Massa (Dalmas) di Stadion Bathoro Katong, Senen (20/7).

Dalam latihan Dalmas tersebut dihadiri Kasat Brimob Polda Jatim Kombes Pol I Ketut Gede Wijatmika, SIK, Kapolres Ponorogo AKBP Mochamad Nur Azis, SH, SIK, M.Si, Komandan Kodim 0802 Letkol Inf. Sigit Sugiharto, Sekda Kab. Ponorogo Drs. Agus Pramono MM, Wakapolres Ponorogo Kompol Indah Wahyuni, SH, MH, Kasat Sabhara Polres jajaran Korwil V, Instruktur Dalmas dan anggota dari Polres Korwil V.

“Terima kasih kepada seluruh anggota yang telah hadir dalam kegiatan latihan pada hari ini. Latihan Dalmas memang membosankan, tapi itu adalah ujian bagi kita sekaligus melatih kesabaran dalam menghadapi massa. Agar dalam latihan nanti dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas sehingga terasa ringan dan jangan menjadi beban. Kita harus saling mengisi dan kita harus menyesuaikan dengan segala macam situasi, “kata Kasat Brimob Polda Jatim Kombes Pol I Ketut Gede Wijatmika.

Kasat Brimob Polda Jatim Kombes Pol I Ketut Gede Wijatmika, Kapolres Ponorogo AKBP Mochamad Nur dan anggota saat latihan Dalmas bersama

Kombes Pol I Ketut Gede Wijatmika menyampaikan, latihan Dalmas ini berguna untuk menghindari kesalahan prosedural, menumbuhkan rasa percaya diri dan melatih kesabaran anggota dalam menghadapi unjuk rasa di lapangan.

“Dalam melaksanakan latihan atau pengendalian massa, selalu mengecek peralatan dalmas (tameng, tongkat, pelontar, Water Canon dan lain-lain) agar selalu siap, perhatikan segala resiko yang ada di lapangan, selalu membawa dokumentasi untuk counter pemberitaan, “imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Ponorogo AKBP Mochamad Nur Azis mengatakan, ada sekitar 660 anggota yang mengikuti latihan Dalmas bersama ini, dari Polres Kowil V yakni Polres Madiun Kota, Madiun Kabupaten, Magetan, Ngawi dan Ponorogo.

“Masing-masing Polres mengirimkan sekitar 100 anggota untuk mengikuti latihan Dalmas bersama selama dua hari ini, dengan mendatangkan dari Dansat Brimbob Polda Jatim ada 30 instruktur untuk menyamakan persepsi, teknik maupun teknis dalam rangka kesiapan menghadapi menjelang Pilkada serentak tahun 2020. Biasanya latihan Dalmas di Madiun, tahun ini giliran di Ponorogo yang kebetulan juga akan melaksanakan Pilkada. Kemungkinan besuk akan dilombakan masing-masing Polres untuk melihat mejauh mana kesiapan dan keseriusan anggota saat diterjunkan di lapangan nantinya “pungkas Kapolres Ponorogo.(sul)

Check Also

Petani Bawang Merah Desa Jatirejo Rejoso Terancam Gagal Panen

Petani Bawang Merah Desa Jatirejo Rejoso Terancam Gagal Panen

SeputarKita, Nganjuk  — Sejak beberapa pekan terakhir petani bawang merah di Nganjuk, disibukkan dengan serangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *