Jelang Pilkades, Polres Ponorogo Gelar Apel Pasukan

Personel saat mengikuti apel pasukan Pilkades, Kapolres Ponorogo bersama Wakil Bupati Soedjarno, Sekda Agus Pramono serta jajaran Forpinda Ponorogo

Ponorogo, harianseputarkita – Dalam rangka Pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak  Tahun 2019 di wilayah Kabupaten Ponorogo, Polres Ponorogo menggelar Apel Pasukan di Alun-alun setempat, Senin (13/5).

Dalam Apel Pasukan yang diikuti TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, dan Linmas tersebut, yang bertindak sebagai pimpinan apel Kapolres Ponorogo  AKBP Radiant, SIK, M.Hum, yang dihadiri oleh Wakil Bupati Ponorogo Drs H. Soedjarno, MM, Sekda Kab. Ponorogo Drs. Agus Pramono, MM, Dandim 0802/Ponorogo diwakili Kapten Inf Winarko, Dansub Pom Ponorogo Kapten Cpm Juni Ruriawan, SH,  Kakesbangpolinmas Kab. Ponorogo, Kasatpol PP Kab. Ponorogo, PJU Polres Ponorogo, Perwakilan Kejaksaan Negeri Ponorogo, Danramil jajaran Kodim 0802/Ponorogo, Camat se-Kab. Ponorogo dan Kapolsek Jajaran Polres Ponorogo.

Kapolres Ponorogo  AKBP Radiant, SIK, M.Hum Saat Memimpin Apel

Kapolres Ponorogo AKBP Radiant, SIK, M. Hum menyampaikan gelar ini, merupakan bentuk kesiapan dan kesiagaan personel dalam mengamankan pemungutan suara di tiap tempat pemungutan suara pada tanggal 20 Mei 2019 nanti.

“Pada pengamanan tahap pungut dan hitung suara Pilkades serentak di Ponorogo tahun 2019 ini dengan jumlah TPS sebanyak 215 yakni 198 TPS dan 14 TPS tambahan. Untuk kategori kurang rawan sebanyak 115 dan kategori rawan sebanyak 83 yang tergelar di 198 Desa dari 307 Desa di Kabupaten Ponorogo, “kata Radiant.

Radiant menambahkan, adapun jumlah personel yang dilibatkan pesonel Polri sekitar 1462, personel dari TNI sekitar 396, dan dari instansi lain yakni pesonel dari Satpol PP serta personel dari Linmas sekitar 4090.

Personel saat mengikuti apel pasukan Pilkades

“Juga dibantu personel dari Brimob dan dari Polres Madiun Kota /Kabupaten, Polres Magetan, Polres Ngawi,Polres Trenggalek, Polres Tulungagung, Polres Nganjuk, Polres Blitar Kota dan Polres Kediri Kota dengan total 760 personel. Untuk pola pengamanan menyesuaikan tingkat kerawanan dan kondisi geografis wilayah dimana TPS tersebut berada, “imbuhnya.

Lebih lanjut Radiant menambahkan, Pilkades merupakan pesta demokrasi tingkat desa, untuk itu pihaknya berharap dalam pelaksanaan Pilkades ini dapat berjalan dengan baik sesuai aturan aturan yang berlaku. Yang harus di pedomani oleh semua pihak baik oleh calon Kepala Desa, panitia Pilkades dan Pawascam serta seluruh masyarakat yang terlibat didalam Pilkades.

“Ada tahapan -tahapan yang perlu mendapatkan perhatian bersama antara lain tahapan penetapan DPT, tahap kampanye, tahap masa tenang, tahap pungut dan hitung suara. Agar pelaksanaan Pilkades dapat berjalan lancar, saya berharap semua pihak ikut berperan aktif untuk menghindari terjadinya gesekan dan konflik antar pedukung guna mewujudkan kerukunan dan kebersamaan serta persatuan dan kesatuan. oleh karena itu Polri bersama TNI dan petugas pengamanan lainnya dituntut untuk mampu melaksanakan tugas pengamanan secara profesional dan proporsional terhadap seluruh kegiatan pilkades serta bersikap netral dalam upaya menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Ponorogo, “pungkas Kapolres Radiant.(sul)

Check Also

Polres Gresik Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra Semeru 2024

Polres Gresik Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra Semeru 2024

  SeputarKita, Gresik – Polres Gresik melaksanakan apel gelar pasukan untuk Operasi Zebra Semeru 2024 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *