Upacara Pembukaan TMMD ke 104 Di Hadiri Panggdam V Brawijaya dan Wakil Gubernur Jawa Timur

Magetan, harianseputarkita – Kodim 0804-Magetan  menggelar upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 tahun 2019 di lapangan Desa Poncol, Selasa, (26/02).

Wakil Gubernur Jatim  Emil Dardak menjadi Inspektur Upacara pada upacara pembukaan TMMD ke 104 di Desa Poncol. Peserta upacara para TNI, Polri, Satpol PP dan Pramuka di Kabupaten Magetan.

Hadir pada acara tersebut Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Wsnoe PB, Dandim 0804/Magetan Letkol Czi Jumei Arisandy, Kapolres Magetan AKBP Rifai dan para pejabat di lingkungan Pemkab Magetan.

Pada rangkaian upacara pembukaan TMMD ke 104 ini, Bupati Magetan menyerahkan naskah MOU program TMMD ke 104 kepada Dandim 0804/Magetan selaku Dansatgas TMMD dan juga dilakukan penyematan tanda peserta dan penyerahan alat kerja kepada perwakilan peserta.

Dandim 0804/Magetan Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy selaku Dansatgas TMMD melaporkan rencana pelaksanaan TMMD ke-104 TA 2019 dengan waktu pelaksanaan selama 30 hari sejak 26 Pebruari sampai 27 Maret  mendatang.

Adapun TMMD ini mengambil sasaran pokok pembangunan jalan 2100 lebar 3 meter Pengaspalan jalan panjang 650 meter lebar 3,50 meter, pengecoran jalan panjang 1450 meter lebar 3,60meter, sasaran tambahan/ fisik rehab RTLH sejumlah 6 unit rumah, pengecatan rumah ibdah 2 unit, rehab pos kamling dua unit, normalisasi saluran air.

Non fisik Bela negara dan wasbang, pelayanan kesehatan, melestarikan hutan, hukum, kamtibmas dan narkoba, meningkatkan ketaqwaan kepada tuhan YME, pengendalian jumlah pendududk, budidaya ternak sapi, pelestarian hutan, mekanisnisme pelayanana publik dan kependudukan,

Untuk sasaran non fisik di bidang kesehatan masyarakat yakni penyuluhan tentang kesehatan dan pengobatan massal, penyuluhan tentang KB, perencanaan perkawinan dan menghindari perkawinan usia dini.

Pada bidang pertanian dan perkebunan yakni penyuluhan tentang pertanian dan perkebunan.

Untuk bidang hukum, bela negara dan kamtibmas ada ceramah dan penyuluhan tatib lantas, bahaya narkoba, bahaya ISIS, siskamling, penyuluhan karhutla dan penyuluhan bela negara dan wasbang serta sosialisasi rekrutmen TNI.

Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, SH. MSi. mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten dan masyarakat Magetan menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas diberikannya kepercayaan kegiatan  TMMD di Kabupaten Magetan.

Bupati juga menjelaskan bahwa TMMD merupakan suatu kegiatan yang positif dalam membangkitkan semangat gotong royong masyarakat yang selama ini terus digalakkan.

Dimana program TMMD selama ini telah banyak membantu tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Begitu juga pola pembangunan yang melibatkan masyarakat.
Pentingnya keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan bertujuan agar masyarakat merasa bertanggung jawab dan merasa memiliki pembangunan itu sendiri.

Selain itu, pentingnya melibatkan masyarakat ini juga bertujuan untuk membantu menjaga situasi keamanan dalam pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat.

Bupati mengungkapkan melalui kegiatan TMMD ke 104 tahun 2019 ini, akan banyak dilaksanakan berbagai kegiatan baik pada sasaran fisik maupun sasaran non fisik dengan harapan kegiatan  TMMD ke 104 di Kab Magetan bisa berjalan dengan baik dengan dukungan seluruh lapisan masyarakat.  (Deni)

Check Also

Operasi Patuh Semeru 2024 di Gresik, Bersama Tingkatkan Keselamatan Berlalu Lintas

Operasi Patuh Semeru 2024 di Gresik, Bersama Tingkatkan Keselamatan Berlalu Lintas

  SeputarKita, Gresik – Apel Operasi Patuh Semeru 2024 yang dipimpin Wakapolres Gersik Kompol Danu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *