Peringati Hari Ibu Ke-90, Bupati Madiun Hadiahi Khusus Karangan Bunga Untuk Istrinya

FOTO BERSAMA–Bupati Madiun, Ahmad Dawami berfoto bersama Forkopimda Kabupaten Madiun usai mengikuti peringatan hari ibu ke 90 di Pendopo Muda Graha Kabupaten Madiun, Sabtu (22/12/2018).

MADIUN, harianseputarkita -Bupati Madiun, Ahmad Dawami yang biasa akrab disapa Kaji Mbing memberikan hadiah khusus bagi istrinya, Ny. Penta Lianawati. Sebuah karangan bunga berwarna putih dipersembahkan khusus Bupati Kaji Mbing kepada istrinya usai memperingati hari ibu ke 90 di Pendopo Muda Graha Kabupaten Madiun, Sabtu (22/12/2018).
“Bunga itu sebagai tanda terima kasih bahwa menjadi seorang ibu itu berat. Seorang ibu selain harus mendampingi suami tetapi juga harus merawat anak,” ujar Bupati Madiun, Kaji Mbing kepada wartawan usai memimpin upacara peringatan hari ibu ke-22, Sabtu (22/12/2018) pagi.
Tak hanya Bupati Kaji Mbing yang memberikan karangan bunga kepada istrinya. Danlanud Iswahjudi, Marsma TNI Widyargo Ikoputra, Wakil Bupati, Hari Wuryanto, Ketua DPRD Kabupaten Madiun, Suwandi, Kapolres Madiun, AKBP Ruruh Wicaksono dan Dandim 0803 Madiun, Letnan Kolonel Czi Nur Alam Sucipto juga memberikan karangan bunga khusus kepada istrinya masing-masing usai mengikuti peringatan hari ibu.
Menurut Kaji Mbing, pemberian karangan bunga kepada ibu pada hari ibu tidaklah cukup. Pemberian bunga itu bentuk simbolis lantaran pemerintah mengapresiasi peran ibu dalam pembangunan.
Ia memaknai hari ibu kali ini makin naiknya tingkat kesataraan perempuan dan laki-laki pada pembangunan di Kabupaten Madiun. Hal itu terbukti dengan prestasi anugerah parahita eka praya yang diraih Kabupaten Madiun dari pemerintah pusat.
“Hari ini seremoni pada peringatan hari ibu. Kita tunjukkan bersama-sama bapak-bapak itu sepakat juga bahwa pengarustamaan gender itu sangat berpengaruh pada pembangunan kedepan,” ungkap Bupati Kaji Mbing.
Memperingati hari ibu, Bupati Kaji Mbing berpesan kepada anak mileneal berbakti pada ibu bagian lantaran bagian dari akhlak yang mulia. Untuk itu seluruh peserta didik di Kabupaten Madiun ditanamkan untuk berbakti kepada ibu.
“Berbakti kepada orang tua bagian dari tujuan pendidikan nasional. Dan sudah kami mulai agar anak-anak siswa sekolah berbakti kepada orang tua karena bagian pendidikan karakter,” ungkap Kaji Mbing.

KARANGAN BUNGA–Bupati Madiun, Ahmad Dawami yang biasa akrab disapa Kaji Mbing memberikan  karangan bunga berwarna putih dipersembahkan kepada istrinya, Ny. Penta Lianawati  usai memperingati hari ibu ke 90 di Pendopo Muda Graha Kabupaten Madiun, Sabtu (22/12/2018). 

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Penta Lianawati yang juga istri Bupati Kaji Mbing menyatakan melalui peringatan hari ibu bisa menjadikan peran ibu semakin tangguh di era milineal.
Ia optimis peran ibu selain membantu suami juga memiliki andil memajukan pembangunan bangsa. “Peringatan hari ibu saya harapkan bisa menjadikan peran ibu semakin tangguh di era milineal. Selain itu bisa membantu peran suami dan tumbuh kembangnya bangsa peran ibu,” kata Lianawati.
Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana, Pemberdayaan Peremmpuan dan Perlindungan Anak, Siti Zubaidah menyatakan anugerah parahita eka praya diberikan kepada Kabupaten Madiun karena keseriusan pemerintah mendukung gerakan pengarusutamaan gender.
“Anugerah parahita eka praya diberikan ke 159 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Madiun mendapatkan kategori madya. Anugerah ini diraih lantaran Pemkab Madiun serius mendukung gerakan pengarustamaan gender,” ungkap Zubaidah.
Menurut Zubaidah pengarustamaan gender dilakukan dalam bentuk strategi mewujudkan kesetaraan gender pada pemberian peran laki-laki dan perempuan didalam pembangunan. Dengan demikian, penghargaan ini adalah satu pendorong agar kabupaten lain bisa mewujudkan kesetaraan gender yang menjadi tujuan pembangunan. ( Alawi-Erik)

Check Also

DPD LIRA Bersama KJJT Magetan Kunjungi Dan Silaturrahmi Ke Panti Asuhan Magetan

DPD LIRA Bersama KJJT Magetan Kunjungi Dan Silaturrahmi Ke Panti Asuhan Magetan

  SeputarKita, Magetan – DPD LIRA berkolaborasi bersama Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) mengunjungi Panti …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *